10 Negara Termiskin di Asia, Afganistan Ada di Peringkat Pertama

Image title
11 Januari 2022, 11:51
Suasana di Kota Kabul, Afganistan. Negara Afganistan menjadi negara termiskin di Asia berdasarkan jumlah pendapatan per kapita tahun 2020.
Unsplash/Wanman Uthmaniyyah
Suasana di Kota Kabul, Afganistan. Negara Afganistan menjadi negara termiskin di Asia berdasarkan jumlah pendapatan per kapita tahun 2020 yang dirilis Bank Dunia.

Asia adalah benua terbesar di dunia. Terdapat 48 negara di Asia berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Negara-negara tersebut memiliki tingkat ekonomi berbeda. Ada beberapa aspek dalam mengukur kemampuan ekonomi suatu negara, terutama menggunakan jumlah pendapatan per kapita.

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara. Merujuk buku Ekonomi, variabel yang digunakan untuk menghitung pendapatan per kapita adalah Produk Domestik Bruto (PDB) dan jumlah penduduk.

Pendapatan per kapita digunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan dihitung secara berkala setiap tahunnya. PDB per kapita yang tinggi menunjukkan standar hidup yang tinggi. Sedangkan rendahnya PDB per kapita menunjukkan negara sedang berjuang untuk memasok penduduknya dengan berbagai kebutuhan.

Negara dengan PDB per kapita yang rendah dibandingkan negara lain termasuk dalam negara miskin. Menurut PBB, kemiskinan lebih dari sekadar kurangnya pendapatan. Kemiskinan memiliki berbagai dimensi sosial ekonomi yang berbeda. Beberapa indikator kemiskinan meliputi:

  • Kemampuan untuk mengakses layanan dan perlindungan sosial dan untuk mengekspresikan pendapat dan pilihan.
  • Kemampuan bernegosiasi.
  • Status sosial, pekerjaan, dan kesempatan yang layak.

Negara Termiskin di Asia

Dilansir dari data Bank Dunia, Afganistan adalah negara termiskin di Asia berdasarkan jumlah pendapatan per kapita pada 2020. Daftar negara termiskin di Asia serta pendapatan per kapita adalah sebagai berikut.

  1. Afganistan (US$ 508,80).
  2. Korea Utara (estimasi US$ 642).
  3. Yaman (US$ 824,12).
  4. Tajikistan (US$ 859,13).
  5. Suriah (estimasi US$ 870).
  6. Nepal (US$ 1155,14).
  7. Kirgistan (US$ 1173,61).
  8. Pakistan (US$ 1193,73).
  9. Timor-Leste (US$ 1381,17).
  10. Myanmar (US$ 1.400,21).

Profil Negara Termiskin di Asia

Selengkapnya, berikut profil negara-negara termiskin di Asia berdasarkan berdasarkan jumlah pendapatan per kapita tahun 2020.

1. Afganistan

Afghanistan adalah negara multietnis dengan ibu kota Kabul yang terletak di bagian selatan-tengah Asia. Negara ini berbatasan dengan Iran di barat dan Pakistan di timur. Melansir data National Geographic, luas negara Afganistan mencapai 652.230 kilometer persegi.

Afghanistan memiliki sejarah panjang yang didominasi oleh konflik internal antar faksi. Pada pertengahan Agustus 2021, Taliban mengambil alih kota-kota besar di Afghanistan dan menguasai pemerintahan.

Misi Bantuan Perserikatan-Bangsa di Afganistan (The United Nations Assistance Mission in Afghanistan) melaporkan 1.659 warga sipil tewas dan 3.524 lainnya terluka dalam enam bulan pertama tahun 2021. Jumlah ini meningkat 47 % dari tahun sebelumnya.

Menurut Bank Dunia, sebagian besar penduduk Afganistan diperkirakan akan berada di bawah garis kemiskinan. Diperkirakan, 10 juta warga Afghanistan terancam hidup dengan pendapatan sebesar US$ 0,94 per hari.

2. Korea Utara

Korea Utara adalah negara dengan ibu kota Pyongyang yang terletak di Asia Timur. Wilayahnya menempati bagian utara semenanjung Korea yang menjorok keluar dari daratan Asia antara Laut Timur (Laut Jepang) dan Laut Kuning.

Luas Korea Utara mencapai 120.538 kilometer persegi dengan pegunungan dan perbukitan yang dipisahkan oleh lembah yang dalam dan sempit. Menurut Council on Foreign Relations (CFR), Korea Utara dipimpin oleh salah satu kediktatoran dinasti terlama di dunia.

Tiga generasi keluarga Kim telah memerintah dengan otoritas mutlak. Pemerintah Korea Utara didefinisikan sebagai "kediktatoran demokrasi rakyat" di bawah kepemimpinan Partai Buruh Korea (Workers' Party of Korea/WPK) yang memiliki supremasi hukum atas partai politik lainnya.

3. Yaman

Yaman adalah sebuah negara di Asia Barat, di ujung selatan Jazirah Arab. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di utara dan Oman di timur laut dan berbagi perbatasan laut dengan Eritrea, Djibouti, dan Somalia.

Sebagian besar orang Yaman adalah Muslim dengan dua cabang utama penganut: Sunni dan Syiah. Saat ini, Yaman mengalami krisis akibat perang sipil. PBB mendeklarasikan kondisi di Yaman sebagai “krisis kemanusiaan terburuk di dunia”.

Dilansir dari Bank Dunia, nilai riyal Yaman terus terdepresiasi ke posisi terendah dalam sejarah. Hal ini mendorong kenaikan besar dalam harga pangan dan lebih banyak penduduk terancam kemiskinan ekstrem.

4. Tajikistan

Tajikistan adalah negara terkecil di Asia Tengah berdasarkan wilayah. Negara ini berbatasan dengan Kirgistan di utara, Cina di timur, Afghanistan di selatan, dan Uzbekistan di barat dan barat laut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...