Portofolio Adalah Kumpulan Hasil Karya, Berikut Fungsi dan Tipsnya

Image title
13 Januari 2022, 15:16
portofolio adalah
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Pengunjung memotret lukisan saat pembukaan Pameran Refleksi Akhir Tahun di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (24/12/2020). Pameran seni rupa dan fotografi karya 22 perupa dan 6 fotografer tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

Dalam dunia kerja, Anda mungkin sering mendengar istilah “portofolio”. Dokumen ini terbilang penting karena bisa membuat Anda terlihat lebih profesional.

Portofolio adalah salah satu dokumen yang sebaiknya dicantumkan saat Anda ingin melamar pekerjaan. Biasanya portofolio merupakan kumpulan karya yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk membuat portofolio yang bisa meningkatkan peluang seseorang diterima kerja sebenarnya tidak terlalu sulit. Akan tetapi, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu portofolio, fungsi portofolio dan tips membuatnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang portofolio dan cara membuatnya.

Pengertian Portofolio

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), portofolio merupakan tas yang dipakai untuk menyimpan surat-surat. Namun dalam arti luas, portofolio adalah sekumpulan karya, skill, pendidikan, hingga pengalaman kerja seseorang.

Menurut Clarke University, portofolio adalah kumpulan  materi yang menunjukkan keyakinan, keterampilan, kualifikasi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman seseorang. Dokumen ini akan memberikan wawasan tentang kepribadian dan etos kerja dia saat melamar kerja.

Selain penjelasan di atas, ada beberapa definisi lain yang bisa menjabarkan apa itu portofolio. Dilansir dari Forbes, dalam dunia ekonomi tepatnya pada investasi saham, portofolio adalah kumpulan aset saham dan obligasi, real estat atau bahkan cryptocurrency yang dimiliki oleh satu orang atau entitas.

Portofolio adalah salah satu konsep paling dasar dalam investasi dan keuangan. Ini adalah istilah yang dapat memiliki berbagai arti, tergantung pada konteksnya. Hal itu pun berlaku pada makna portofolio dalam dunia kerja.

Dari semua penjelasan di atas, singkatnya pengertian portofolio adalah sekumpulan hasil pekerjaan yang sudah dibuat seseorang yang tujuannya untuk meningkatkan profesionalitas. Kata portofolio bisa diartikan lain tergantung pada konteksnya.

Fungsi dan Manfaat Portofolio

Tujuan dibuatnya portofolio adalah untuk meyakinkan seseorang (contohnya pihak recruiter), agar mengetahui informasi seputar skill dan kemampuan yang Anda miliki. Portofolio umumnya dicantumkan berbarengan dengan dokumen lain seperti surat lamaran kerja, curriculum vitae (CV), dan sebagainya.

Fungsi portofolio adalah untuk menunjukan diri Anda agar terlihat lebih profesional. Selengkapnya, berikut fungsi portofolio menurut situs Glints.com:

Membangun Personal Branding

Personal branding sangat penting dilakukan oleh seseorang. Salah satunya yaitu dengan menampilkan hasil karya melalui portofolio.

Bentuk portofolio adalah sekumpulan hasil kerja yang sudah pernah Anda buat sebelumnya. Anda bisa mengunggahnya dalam sebuah website atau akun media sosial yang bisa mendukung personal branding.

Ambil contoh, jika Anda memiliki hobi fotografi maka hasil karya dari jepretan kamera Anda bisa diunggah dan disatukan dalam akun media sosial Instagram. Usahakan agar foto tersebut adalah karya terbaik Anda.

Menunjukan Profesionalitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, portofolio adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menunjukan diri Anda profesional dalam bidang yang tengah digeluti.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...