Proposal Adalah Usulan Tertulis dengan Sifat Khusus, Ini Penjelasannya

Image title
24 Januari 2022, 12:40
Ilustrasi cara membuat proposal usaha. Proposal adalah usulan tertulis yang memiliki sifat khusus dan ditujukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dalam suatu kegiatan.
Unsplash/Bram Naus
Ilustrasi cara membuat proposal usaha

Bagi Anda para siswa dan siswi kelas menengah atau mahasiswa yang sedang menempuh bangku kuliah, tentu tidak asing dengan kegiatan menulis proposal. Tujuan pengadaaan produk tertulis satu ini, bisa dalam bentuk proposal kegiatan, bantuan dana dan lainnya. Ada juga proposal yang berbentuk akademis seperti proposal penelitian, skripsi, tesis atau disertasi.

Penjelasan Singkat Proposal

Dari aneka jenis proposal yang telah disebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Bentuk rencana kegiatan tersebut tentu saja harus dituliskan secara baik dan benar supaya pihak yang berkepentingan dapat memahaminya dengan baik.

Selain itu dapat diartikan bahwa proposal adalah usulan tertulis yang memiliki sifat khusus dan ditujukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dalam suatu kegiatan. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan bisnis, pengajuan, dana, proyek, hingga penelitian.

Aneka Tujuan Proposal

Dalam proposal ada sejumlah tujuan yang dirangkum dari Gramedia.com, antara lain:

1. Proposal dibuat demi meraih persetujuan dari pihak yang bersangkutan supaya dapat melaksanakan sebuah kegiatan.
2. Bilamana memiliki kaitan dengan proposal pengajuan dana, maka proposal bertujuan untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak sponsor.
3. Agar bisa mendapatkan dukungan dari pihak yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.
4. Jika memiliki kaitan dengan proposal proyek pemerintah, maka proposal bertujuan untuk melakukan tender atau lelang pada proyek-proyek tersebut.
5. Proposal demi mendapatkan penawaran kerja sama bisnis, apabila berkaitan dengan proposal bisnis.

Aneka Fungsi Proposal

Sebagaimana dikutip dari buku Teknik Penyusunan Proposal Proyek yang ditulis oleh Yohanes Nangameka ada beberapa fungsi proposal, antara lain:

1. Fungsi proposal digunakan untuk pengajuan kerja sama bisnis kepada perusahaan sasaran.
2. Proposal diciptakan untuk mengadakan acara tertentu, misalnya pelatihan, seminar, perlombaan, dan lain-lain.
3. Dapat digunakan untuk melaksanakan penelitian ilmiah.
4. Dapat digunakan untuk pengajuan mendirikan suatu usaha.
5. Dapat digunakan untuk pelelangan sebuah proyek atau barang.

Sistematika Penulisan Proposal

Dalam penulisan proposal ada struktur atau bagian-bagiannya. Dalam beberapa aspek, sebuah proposal penelitian memiliki perbedaan dengan sebuah proposal kegiatan masyarakat.

Akan tetapi, apabila dirunut secara umum di dalam sebuah proposal memiliki sistematika yang hampir mirip satu sama lain. Dalam proposal kegiatan biasanya terdapat latar belakang, masalah dan tujuan, ruang lingkup kegiatan, kerangka teoritis dan hipotesis, metode, pelaksana kegiatan, fasilitas, keuntungan dan kerugian dari pelaksanaan kegiatan, periode waktu, anggaran dana, dan lampiran.

Di sisi lain dalam sebuah proposal penelitian akan terdapat latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, landasan teori, metode penelitian, dan kerangka penulisan laporan. Berikut penjelasannya:

1. Latar Belakang

Di dalam proposal terdapat latar belakang yang diciptakan untuk membahas mengenai kejadian, keadaan, atau hal yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan atau penelitian tersebut.

Misalnya pada proposal kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat desa, maka dalam latar belakang harus membahas mengenai terjadinya penyakit menular.

2. Merumuskan Masalah dan Tujuan

Antara proposal kegiatan dan penelitian memiliki persamaan yaitu adanya rumusan permasalahan dan tujuannya secara spesifik. Rumusan tersebut dijabarkan dengan tujuan-tujuan tersebut secara rasional dan menggunakan bahasa yang persuasif supaya pihak yang membaca proposal tersebut tertarik dengan tujuan dari kegiatan tersebut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...