Slogan adalah Kalimat Pendek, Pahami Ciri-ciri dan Contohnya

Image title
24 Januari 2022, 07:47
Contoh slogan narkoba. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan.
polair.kalteng.polri.go.id
Contoh slogan narkoba

Dalam poster atau iklan, terdapat slogan yang menarik bagi para pembaca. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan. Slogan bertujuan untuk menarik atau mengajak masyarakat agar melakukan atau tidak melakukan tindakan.

Slogan termasuk elemen dari merek yang memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan daya tarik suatu produk. Mengutip buku Smarter Marketing Move, dalam konteks dengan ekuitas merek, maka suatu slogan yang kuat akan memberikan kontribusi terhadap kekuatan suatu merek.

Biasanya, slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu. Misalnya untuk membeli suatu produk atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka penggunaan kata perlu diperhatikan agar tidak terlalu panjang. Dalam pembuatan slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.

Pengertian Slogan Menurut Ahli

Terdapat pengertian slogan menurut para ahli sebagai berikut.

  • Liliweri (1992) mendefinisikan slogan adalah sebuah kata atau frase yang mudah diingat dan digunakan. Misalnya, partai politik atau periklanan menggunakan slogan untuk menarik perhatian orang atau menyarankan sebuah gagasan dengan cepat.
  • Menurut Leech (1972), slogan adalah frase yang pendek dan mudah diingat. Contohnya perusahaan menggunakan slogan secara konsisten yang merupakan elemen penting.
  • Alwi (2003) menjelaskan bahwa slogan merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan dan slogan biasanya ditulis dengan kalimat pendek, menarik, singkat dan persuasif yang bertujuan untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip. Slogan juga dapat berupa perkataan pendek dan mencolok sehingga mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, organisasi, dan partai politik.
  • Menurut Haryanto (2006), slogan adalah frase atau kalimat pendek yang mudah diingat dan dipakai untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan organisasi, ideologi, dan sebagainya.
  • Sukini (2005) menerangkan bahwa slogan merupakan kalimat pendek dan singkat yang bersifat persuasif serta susunan kalimat tidak seperti biasa.

Kumpulan pengertian tersebut bersumber dari buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster.

Ciri-ciri Slogan

Menurut buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster, slogan memiliki unsur kata-kata dan suara. Slogan bersifat persuasif sehingga mengutamakan unsur kata-kata. Selain itu, unsur slogan termasuk mengandung hubungan akibat-sebab. Ciri-ciri slogan meliputi:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...