Besaran Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya

Dwi Latifatul Fajri
25 Januari 2022, 23:13
Gaji Pramugari Kereta Api
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Gaji Pramugari Kereta Api per Bulan

Bekerja sebagai pramugari menjadi idaman beberapa orang, salah satunya pramugari kereta api. Namun apakah Anda tahu berapa gaji pramugari kereta api yang diterima setiap bulannya?

Pramugara dan pramugari kereta api Indonesia alias KAI bekerja di kereta ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Bekerja sebagai pramugari dan pramugara memiliki pendapatan, tunjangan, dan jenjang karir yang jelas. Keuntungan lain dari pramugari yaitu bisa wisata sambil bekerja dan mendapat tunjangan kesehatan.

Advertisement

Meski demikian, pramugari dan pramugara harus memiliki fisik yang kuat. Hal ini karena pekerjaan mereka yang memiliki jam terbang tinggi. Pramugari juga dibekali pengetahuan untuk evakuasi penumpang dan cara memadamkan api ketika keadaan darurat di dalam kereta.

Bekerja sebagai pramugari bekerja melayani penumpang, profesi satu ini juga bertugas membawa dan menawarkan makanan ke penumpang di seluruh gerbong. Untuk itu, mengetahui gaji pramugari kereta api menjadi hal yang menarik, sekaligus untuk menimbang kemungkinan Anda menjadi seorang pramugari ke depan.

Umumnya dalam kereta api ada empat orang yang bekerja sebagai pramugara dan pramugari. Jumlah pramugari bisa bertambah seiring dengan jarak jauh perjalanan kereta.

Gaji Pramugari Kereta Api

Lalu berapa gaji pramugari per bulan? Pramugari kereta api mendapatkan gaji diatas upah minimum. Setiap bulan gaji pramugari mendapatkan gaji pokok dan tunjangan, totalnya mencapai Rp 7 juta rupiah.

Mengutip dari Upahminimum.com, gaji pokok pramugari sebanyak Rp 4 juta per bulan sesuai penempatan. Sedangkan tunjangan kinerja mencapai Rp 3 juta rupiah. Ada juga insentif untuk biaya perawatan (make up) senilai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. 

Pendapatan pramugari kereta api ini bisa bertambah sesuai dengan pengalaman dan jam terbang. Pramugari senior dan junior bisa mendapatkan gaji yang berbeda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement