Besaran Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya

Pramugari kereta api mendapatkan gaji pokok dan tunjangan kinerja. Berikut besaran gaji pramugari kereta api per bulan beserta tunjangannya.
Dwi Latifatul Fajri
25 Januari 2022, 23:13
Gaji Pramugari Kereta Api
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Gaji Pramugari Kereta Api per Bulan

Bekerja sebagai pramugari menjadi idaman beberapa orang, salah satunya pramugari kereta api. Namun apakah Anda tahu berapa gaji pramugari kereta api yang diterima setiap bulannya?

Pramugara dan pramugari kereta api Indonesia alias KAI bekerja di kereta ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Bekerja sebagai pramugari dan pramugara memiliki pendapatan, tunjangan, dan jenjang karir yang jelas. Keuntungan lain dari pramugari yaitu bisa wisata sambil bekerja dan mendapat tunjangan kesehatan.

Meski demikian, pramugari dan pramugara harus memiliki fisik yang kuat. Hal ini karena pekerjaan mereka yang memiliki jam terbang tinggi. Pramugari juga dibekali pengetahuan untuk evakuasi penumpang dan cara memadamkan api ketika keadaan darurat di dalam kereta.

Bekerja sebagai pramugari bekerja melayani penumpang, profesi satu ini juga bertugas membawa dan menawarkan makanan ke penumpang di seluruh gerbong. Untuk itu, mengetahui gaji pramugari kereta api menjadi hal yang menarik, sekaligus untuk menimbang kemungkinan Anda menjadi seorang pramugari ke depan.

Advertisement

Umumnya dalam kereta api ada empat orang yang bekerja sebagai pramugara dan pramugari. Jumlah pramugari bisa bertambah seiring dengan jarak jauh perjalanan kereta.

Gaji Pramugari Kereta Api

Lalu berapa gaji pramugari per bulan? Pramugari kereta api mendapatkan gaji diatas upah minimum. Setiap bulan gaji pramugari mendapatkan gaji pokok dan tunjangan, totalnya mencapai Rp 7 juta rupiah.

Mengutip dari Upahminimum.com, gaji pokok pramugari sebanyak Rp 4 juta per bulan sesuai penempatan. Sedangkan tunjangan kinerja mencapai Rp 3 juta rupiah. Ada juga insentif untuk biaya perawatan (make up) senilai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. 

Pendapatan pramugari kereta api ini bisa bertambah sesuai dengan pengalaman dan jam terbang. Pramugari senior dan junior bisa mendapatkan gaji yang berbeda.

Selain itu penentuan gaji ditentukan oleh jenis kereta api, seperti ekonomi dan eksekutif. Gaji pramugari di kereta eksekutif mendapatkan lebih banyak dari kelas ekonomi.

Tugas Pramugari Kereta Api

Pramugari dan pramugara dituntut untuk berpenampilan menarik dan komunikatif. Syarat menjadi pramugari memiliki kecakapan dalam bahasa Inggris dan bertubuh tinggi.

Tugas utama pramugari adalah melayani penumpang kereta api. Pramugari dan pramugari akan memberikan pelayanan maksimal. Mereka akan punya kesempatan untuk berada di kereta api eksekutif.

Berikut tugas pramugari kereta api:

  1. Menawarkan pelayanan penjualan makanan dan minuman di atas kereta api
  2. Menjaga kebersihan di gerbong kereta dan kereta makan
  3. Memberikan layanan penyewaan untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan untuk kelas eksekutif
  4. Mengawasi boarding setiap penumpang kereta api jarak jauh

Persyaratan Menjadi Pramugari Kereta Api

Jika anda berkeinginan menjadi pramugari, ada sekolah khusus pramugari yang memiliki seleksi cukup ketat. Anda bisa mendaftar setelah lulus SMA/SMK. Mengutip dari Biayatarif.com, berikut persyaratan menjadi pramugari:

  1. Pendidikan minimal SMA/SMK (Nilai Ujian Nasional/UN rata-rata 6.00)
  2. Tinggi badan wanita minimal 160 cm
  3. Tinggi badan pria minimal 170 cm
  4. Berpenampilan menarik
  5. Tidak buta warna
  6. Punya kemampuan Bahasa Inggris aktif
  7. Tidak memakai kacamata
  8. Bersedia ditempatkan sesuai wilayah kerja
  9. Gigi rapi dan tidak berbehel
  10. Memiliki fisik dan mental yang kuat

Selain persyaratan diatas, pramugari juga membutuhkan persyaratan administrasi untuk pendaftaran. Dokumen yang diperlukan seperti surat keterangan sehat, surat lamaran kerja, fotokopi KTP, ijazah, KK, dan dokumen penting lainnya.

Lembaga kursus dan sekolah melakukan seleksi dan pelatihan untuk calon pramugari dan pramugara. Setelah mendapatkan pendidikan, nantinya pramugari mendapatkan sertifikat pelatihan dan keahlian dari sekolah. Sertifikat ini akan dipakai untuk bekerja menjadi pramugari kereta api.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait