Kliping Adalah Potongan Artikel dalam Satu Tema, Ini Penjelasannya

Image title
26 Januari 2022, 23:47
Ilustrasi membuat kliping unik. Kliping adalah suatu aktivitas pengumpulan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya yang mendukung proses pembuatan kliping.
unspalsh.com
Ilustrasi membuat kliping unik

Tugas membuat kliping sudah menjadi bagian pembelajaran sejak di bangku sekolah. Bahkan, kegiatan kliping  juga sering dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, dengan tujuan sekadar koleksi resep dari media cetak seperti majalah ataupun koran. Dengan demikian, aktivitas membuat kliping bukan lagi hal yang asing dilakukan masyarakat.

Kegiatan kliping adalah suatu aktivitas mengumpulkan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya yang mendukung proses pembuatan kliping. Tujuannya, sebagai bagian dari dokumentasi

Kliping adalah produk atau karya berisi potongan artikel beserta gambar. Dalam sebuah kliping berisikan tema yang sama, misalanya kliping resep masakan maka artikel dan gambar di dalamnya membahas tentang resep masakan.

Tata Cara Membuat Kliping

Ada beragam bahan yang bisa digunakan untuk membuat aneka kliping. Umumnya kliping adalah kepingan atau potongan dari media cetak seperti majalah, surat kabar ataupun media cetak lainnya, namun dengan berkembangnya media elektronik seperti internet kebanyakan orang beralih untuk mencari bahan dari internet. Sekarang tidak sedikit tugas-tugas dari sekolah maupun perguruan tinggi yang mengambil sumber dari internet, entah itu kliping ataupun makalah.

Sejatinya manfaat kliping sangat beraneka ragam. Kliping adalah kegiatan yang bisa memicu otak dan melatih kreativitas dan menambah wawasan mereka. Dalam pembuatan kliping juga siswa akan belajar mencari bahan-bahan yang relevan dari sumber-sumber berbeda, sehingga ketika di perguruan tinggi mereka tidak keteteran dengan tugas-tugas seperti itu.

Tentunya, manfaat kliping akan berbeda dari setiap latar belakang yang juga bermacam-macam. Dari pelajar yang membuat kliping bertujuan untuk memenuhi tugas sekolahnya, ibu-ibu rumah tangga membuat kliping untuk keperluan masaknya, dan para pembisnis membuat kliping untuk keperluan usahanya.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kliping, dikutip dari situs Pinhome.id, antara lain:

1. Pra pembuatan kliping, Anda harus menentukan tema yang akan diambil dalam sebuah kliping terlebih dahulu. Hal ini dapat dilihat dari tema kliping yang diambil adalah bidang pertanian, maka isi seluruh kliping membahas masalah pertanian jangan memasukan artikel yang tidak setema dalam satu kliping.

2. Proses pencarian bahan kliping, menjadi hal penting kedua. Bahan-bahan kliping mudah didapatkan dari media cetak seperti surat kabar, majalah, ataupun media lainnya seperti internet. Untuk media internet sebaiknya dicetak terlebih dahulu, agar kliping terlihat menarik.

3. Disarankan bahwa bahan-bahan yang diambil dari media cetak dari tahun-tahun lalu sampai yang terbaru, jika memang di media cetak tidak terdapat artikel yang relevan maka boleh mencari di internet. Namun untuk keseluruhan kliping disarankan jangan seluruhnya mengambil dari internet.

4. Apabila bahan kliping telah terkumpul, maka berikutnya adalah menyiapkan alat-alat seperti gunting penggaris, dan juga lem. Bila Anda ingin menghias kliping siapkan juga hiasan aksesoris untuk menghiasi kliping.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...