Profesional Adalah: Pengertian, Etika dan Konsepnya

Image title
7 Februari 2022, 14:41
profesional adalah
Katadata
Ilustrasi bekerja profesional.

Dalam dunia pekerjaan, kata profesional cukup sering didengar. Seseorang yang bekerja secara profesional adalah mereka yang dapat bekerja dan menyelesaikan urusannya dengan efektif dan efisien. Umumnya, seorang profesional cenderung memiliki citra positif di mata atasan maupun relasi sekitarnya. 

Tapi, apa sebenarnya arti dari profesional dan mengapa hal tersebut diperlukan ketika bekerja?

Pengertian Profesional

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), profesional adalah sesuatu yang bersangkutan dengan profesi atau memerlukan kepandaian khusus dalam menjalankan pekerjaan yang mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya.

Menurut Paula Hall, profesionalisme berarti kepercayaan. Ia menganalogikan profesional ibarat seorang pasien yang memercayai dokter akan menempatkan kepentingan pasien di atas segalanya.

Mengutip Ppkn.co.id, beberapa ahli juga turut mengemukakan pendapat mereka tentang definisi profesional, salah satunya Sudjana (2008: 13). Menurut dia, profesi yang bersifat profesional merupakan profesi yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang secara khusus dipersiapkan untuk hal itu, bukan profesi yang tidak dapat atau merupakan profesi lainnya.

Sementara itu, menurut Ali (1992: 23) keterampilan atau kemampuan profesional tidak mesti diperoleh dari tingkatan pendidikan, namun bisa juga dari seorang yang tekun dan melatih dirinya di satu bidang tertentu, hingga menjadi profesional.

Hanya saja, menurut Ali, profesi yang diraih lewat tingkat pendidikan akan memperoleh penghormatan yang bersifat formal maupun informal. Sedangkan, yang didapat dari luar pendidikan formal hanya akan mendapat penghormatan informal saja.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa profesional adalah seorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya, dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.

Etika Profesional

Etika profesional mencakup prinsip perilaku untuk para profesional yang dirancang baik untuk tujuan praktis maupun idealistis. Suatu etika profesional ditetapkan oleh organisasi profesi bagi para anggotanya yang secara sukarela menerima prinsip perilaku profesional.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement