Moderat Adalah: Pengertian dan Ciri-cirinya

Image title
9 Februari 2022, 13:30
Moderat adalah orang yang berkecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah.
Pexels.com/This Is Zun
Moderat adalah orang yang berkecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah.

Dalam ranah politik sampai agama, tak jarang Anda menemukan seseorang yang beersikap moderat. Hal tersebut membuatnya dinilai sebagai individu yang seimbang dan logis dalam melihat atau menilai sesuatu.

Tapi, apakah moderat itu sebenarnya?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moderat adalah selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem. Orang yang moderat kecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah.

Seseorang yang mengambil posisi moderat atau menjadi kelompok tengah tidak melihat sesuatu dari satu sisi saja, tetapi banyak sisi. Salah satu contoh adaptasi moderat adalah, gaya kepemimpinan demokrasi.

Sidney Hook menyebut demokrasi adalah bentuk pemerintahan, di mana keputusan pemerintah secara langsung tidak langsung berdasarkan kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat.

Ciri-ciri Moderat

Seseorang yang mengambil posisi tengah atau moderat cenderung bersikap adil dan bisa menjadi penengah ketika terjadi konflik. Mereka memiliki kemampuan bernegosiasi dan bisa mengambil keputusan secara tepat dan bijak dalam berbagai situasi.

Mengutip laman Kementerian Agama, setidaknya ada empat hal yang dijadikan tolak ukur sikap moderasi, yaitu:

  • Sikap Terbuka

Seseorang yang memiliki sikap terbuka akan mudah untuk menerima masukan dari orang lain. Kritik yang diterima dinilai sebagai sesuatu yang dapat memancing dirinya untuk berkembang. Orang dengan sikap moderat tidak akan merasa paling benar sampai menentang mati-matian orang yang memiliki pandangan atau pikiran yang berseberangan dengan dirinya.

Sikap terbuka dapat dilihat dari sikap Imam Malik, penulis kitabAl-Muwaththa' yang dalam satu riwayat disebutkan ditulis selama 40 tahun. Lama penulisan tersebut karena Imam Malik sering menerima masukan dari para ulama, kemudian direvisi kembali, hingga para ulama sepakat bahwa kitab tersebut sudah dinilai baik.

Segala sesuatu harus dapat ditinjau dan diterima akal sehat. Jika tidak, sikap atau tindakan tersebut patut untuk dipertanyakan.

Orang yang moderat tidak hanya bicara berdasarkan opini, namun juga berdasarkan ilmu pengetahuan yang bisa dibuktikan dan dipertanggungjawabkan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...