11 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Dwi Latifatul Fajri
9 Februari 2022, 23:24
Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.
Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung tertinggi di Pulau Sumatera berada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera, dan berada di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Di mana, taman nasional tersebut juga ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, kategori Situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera pada 2004.

Gunung Kerinci berada di ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung berapi ini berada di urutan kedua tertinggi di Indonesia, setelah gunung Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Wijaya, yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan berada di Papua. Menjadi gunung tertinggi, membuat puncak Jayawijaya selalu tertutup salju.

Advertisement

Gunung Tertinggi di Sumatera

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci berada di tempat strategis di antara provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Sekitar gunung terdapat hutan tropis yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Taman Nasional menjadi habitat Harimau Sumatera, yang kini masuk dalam kategori status kritis dan daftar hewan dilindungi.

Gunung Kerinci juga masuk dalam status gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Kawah gunung memiliki luas 48.000 meter persegi di bagian puncaknya. Kedalaman kawah sekitar 600 meter. Hingga kini, gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini masih aktif dan terakhir meletus pada 2009.

2. Gunung Leuser

Gunung Leuser memiliki ketinggian 3.445 meter di atas permukaan laut. Mengutip dari Kelaspintar.id, puncak gunung ini dibagi menjadi tiga, yaitu Puncak Loser setinggi 3.404 mdpl, Puncak Leuser 3.119 mdpl, dan Puncak Tanpa Nama setinggi 3.445 mdpl.

Sekitar gunung menjadi Taman Nasional Gunung Leuser dan memiliki status nasional. Tahun 1980, salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini masuk ke dalam cagar biosfer, Asean Heritage Park (1984), Tropical Rainforest Heritage of Sumatra (2004), dan kawasan lindung nasional (2008).

Taman Nasional menjadi destinasi wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan, Sumatera Utara. Gajah Sumatera menjadi daya tarik wisatawan di taman nasional ini. Selain itu pengunjung bisa melihat tempat rehabilitasi orang utan.

3. Gunung Dempo

Gunung Dempo berada di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu. Ketinggian gunung berapi aktif ini adalah 3.159 mdpl. Gunung Dempo dikenal sebagai kawasan penghasil kopi robusta yang populer di kota Pagaralam.

Gunung Dempo bisa ditempuh selama tujuh jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota Pagaralam sendiri berada di pegunungan Bukit Barisan dan Gunung Dempo yang menjadi destinasi wisata.

Pengunjung bisa datang ke kebun teh Gunung Dempo, pendakian gunung, dan wisata di lereng gunung. Daerah sekitar gunung memiliki air jernih dan hutan tropis. Selain wisatawan, pendaki bisa naik gunung dan mendirikan tenda di kamp pendakian.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement