Giro Adalah Jenis Produk Keuangan Berupa Simpanan, Ini Penjelasannya

Image title
14 Februari 2022, 18:59
Ilustrasi transaksi di Bank antara nasabah dengan teller. Giro adalah salah satu jenis produk simpanan yang dikeluarkan bank untuk nasabahnya menyimpan uang.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Ilustrasi transaksi di Bank antara nasabah dengan teller.

Pada saat mengambil uang melalui anjungan tunai mandiri alias ATM, Anda akan menemukan pilihan untuk mengambil dana dari rekening giro atau dari rekening tabungan. Namun tidak banyak yang tahu apa itu giro dan seperti apa fungsinya dalam sistem penyimpanan di bank. Berikut penjelasannya:

Pengertian Giro

Dikutip dari situs Bank BPR, Universalbpr.co.id, giro adalah salah satu jenis produk simpanan yang dikeluarkan bank untuk nasabahnya menyimpan uang. Nasabah yang menggunakan Giro disebut Giran. Giran dapat menarik uang yang disimpannya setiap saat dengan cara menggunakan cek, bilyet giro, atau dipindahbukukan. Hal ini berbeda dengan tabungan biasa yang pencairannya bisa dilakukan dengan kartu ATM.

Apabila diamati secara sekilas tampak mirip dengan tabungan biasa. Adapun alasannya karena sama-sama digunakan sebagai media penyimpanan uang. Namun, rekening tabungan dan rekening giro merupakan dua produk perbankan yang berbeda. Hal ini jelas dapat dilihat dari karakteristik dan transaksinya yang memiliki perbedaan prosedur.

Apabila merunut aturan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Perbankan nomor 10 tahun 1998, giro adalah simpanan/dana pihak ketiga, dimana penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan media yaitu cek (cheque), bilyet giro dan sarana perintah pembayaran lainnya.

Ciri Khas Giro

Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai makna giro dalam fungsi perbankan, maka berikutnya Anda perlu mengetahui terkait karakteristik giro. Karakteristiknya terletak pada media penarikan uang yang digunakan yaitu warkat cek dan bilyet giro. berikut penjelasan selengkapnya:

1. Cek

Bentuk karakter dari giro yang pertama adalah cek. Pada umumnya masyarakat menyebutnya dengan cek giro. Secara definisi cek giro adalah surat berharga yang berfungsi sebagai alat transaksi yang diterbitkan oleh pihak bank setiap kali melakukan pencairan uang secara tunai. Dengan kata lain, cek giro ini dapat diserahkan pada pihak bank untuk diganti dengan uang tunai sebesar nominal yang tertera pada cek tersebut. Selain itu, cek giro juga bisa berfungsi sebagai pengganti uang tunai

2. Bilyet Giro

Karakter kedua dari giro adalah bilyet. Jenis giro ini adalah berupa surat berharga yang berfungsi sebagai alat transaksi oleh pihak bank sebagai pengganti uang tunai dan dapat dicairkan secara tunai melalui pemindahbukuan ke rekening nasabah. Pemindahbukuan ini dilakukan sesuai dengan tanggal yang tertera pada bilyet giro tersebut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...