9 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Image title
2 Maret 2022, 14:12
Manfaat jambu biji untuk ibu hamil.
Any Lane/Pexels
Manfaat jambu biji untuk ibu hamil.

Jambu biji atau Psidium guajava L adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan baik. Alhasil manfaat jambu biji untuk ibu hamil juga kerap dicari. Di mana, buah berbentuk bulat ini mengandung banyak air, vitamin A, B1, C, protein, kalsium, kalori, fosfor, zat besi, dan masih banyak lagi.

Jambu biji berkulit kuning dan daging berwarna putih, kuning, atau merah muda. Rasanya yang manis dan mudah untuk dikonsumsi menjadikan buah ini populer di kalangan masyarakat.

Tanaman ini digunakan dalam berbagai sistem pengobatan, terutama menangani gangguan pencernaan. Hal tersebut dijelaskan dalam tinjauan oleh Shakib Uzzaman dari Departemen Farmasi Universitas Varendra yang terbit di jurnal Open Access: Toxicology & Research.

Penjelasan lebih lanjut dari tinjauan tersebut menyebutkan bahwa jambu biji memiliki likopen yang berfungsi untuk mencegah tumor dan melindungi dari kanker prostat. Orang yang menderita sakit kronis juga dapat mengonsumsi buah jambu biji untuk mendapatkan manfaatnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram buah jambu biji mentah mengandung: - 68 kalori

  • 14,32 g karbohidrat
  • 8,92 g gula
  • 0,95 g lemak
  • 5,4 g serat makanan
  • 417 mg kalium
  • 228,3 mg vitamin C
  • 624 unit internasional vitamin A.

Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Melihat banyaknya kandungan nutrisi jambu biji, buah ini juga dapat dimanfaatkan untuk perkembangan dan kesehatan ibu hamil beserta janinnya.

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Jambu biji mengandung asam folat atau vitamin B9 yang baik bagi ibu hamil muda beserta janin yang dikandungnya. Nutrisi ini berperan dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Selain itu, mencukupi asupan vitamin B9 atau asam folat selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko kecacatan pada otak dan saraf bayi.

2. Pembentukan Organ Janin

Kandungan tembaga dalam jambu biji dapat membantu pembentukan sel darah merah lebih banyak sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi janin dapat terpenuhi. Selain itu, mineral ini membantu pembentukan jantung, pembuluh darah, hingga sistem saraf bayi dalam kandungan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...