6 Makanan Khas Thailand Ini Cocok untuk Lidah Orang Indonesia

Image title
21 Maret 2022, 23:48
Ilustrasi Tom Yam sebagai makanan khas Thailand yang memiliki kecocokan dengan lidah masyarakat Indonesia
Freepik.com
Ilustrasi Tom Yam sebagai makanan khas Thailand yang memiliki kecocokan dengan lidah masyarakat Indonesia

Jika Anda berkunjung ke Thailand, rasanya tak akan cukup hanya dengan menikmati keindahan alamnya, melainkan juga patut menikmati aneka sajian kuliner. Apalagi, makanan khas Thailand mampu memberikan sensasi tersendiri dengan cita rasa unik saat Anda menyantapnya.

Tak jarang pula, makanan khas Thailand menjadi salah satu magnet yang menarik perhatian para wisatawan internasional, termasuk wisatawan dari Indonesia. Di mana, mayoritas makanan khas Thailand diracik menggunakan paduan berbagai bumbu rempah yang mudah ditemukan di Indonesia.

Meskipun dibuat dengan berbagai rempah, makanan khas Thailand memiliki cita rasa unik karena perpaduan rasa dominan, seperti asam, pedas dan manis. Tak jarang, setiap daerah di Thailand memiliki beragam makanan khas yang dipengaruhi oleh negara tetangganya.

Berbagai pengaruh tersebut tentunya menciptakan makanan unik yang sayang jika dilewatkan ketika Anda mengunjungi Thailand saat berlibur. Berikut aneka ragam makanan khas Thailand, dikutip dari situs Traveloka.com:

1. Tod Man Pla

Rekomendasi makanan khas Thailand pertama adalah Tod Man Pla. Makanan ini menjadi hidangan khas Thailand yang cocok dengan lidah Indonesia. Hidangan ini dibuat menggunakan ikan atau ayam sebagai bahan utamanya. Belakangan, kebanyakan restoran lebih banyak menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Apabila ingin membuat Tod Man Pla berbahan dasar ikan, para koki biasanya menggunakan jenis ikan yang memiliki daging berwarna putih. Setelah ikan dibersihkan, para koki mencampur bumbu khas Thailand, yaitu bumbu pasta kari merah yang bercita rasa pedas untuk membuat hidangan Tod Man Pla.

2. Pad Thai

Pilihan makanan khas Thailand berikutnya adalah Pad Thai. Jenis kuliner Thailand satu ini memiliki karakter rasa yang cocok dengan lidah Indonesia, dan cukup populer. Pad Thai merupakan makanan legenda khas Thailand yang sudah ada sejak zaman kerajaan Ayutthaya, dan dipercaya sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau dari Cina.

Proses penyajian Pad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari tepung beras, kemudian di masak dengan cara di tumis bersama bahan-bahan lainnya. Jika di Indonesia, menu ini mirip dengan kwetiau goreng dengan cita rasa gurih, asam, pedas dan manis. Makanan khas Thailand ini juga sangat mudah dijumpai di negara asalnya, baik itu di restoran maupun di pinggir jalan.

Selain mie yang mirip dengan kwetiau, sajian kuliner khas Thailand tersebut juga dilengkapi dengan telur, tahu, rasa asam dari jeruk nipis, bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula. Kadang Anda juga bisa memilih untuk menambahkan irisan daging ayam, sapi, atau seafood.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...