Median Adalah Bagian Ilmu Statistik, Ini Penjelasannya

Image title
3 April 2022, 23:43
Ilustrasi median adalah
Shutterstock
Ilustrasi median adalah

Saat mempelajari ilmu statistik terdapat bab diskusi tentang median untuk menghidupkan apa itu statistik. Dalam median, pelajar harus mengetahui salah satu bagian, yakni pemusatan data. Di mana, pemusatan data adalah metode deskriptif yang menunjukkan pusat data atau representasi data.

Terdapat tiga ukuran sentralitas data, yaitu mean, modus, dan median. Ketiganya sangat populer dalam kehidupan sehari-hari, dan artikel ini akan membahas mengenai median.

Penjelasan Tentang Median

Menurut Gramedia.com, median adalah nilai tengah atau dikenal sebagai pemusatan data yang membagi suatu data menjadi setengah atau 50 % dari data terkecil dan terbesar.

Dalam bilangan netral, dapat diartikan bahwa median adalah sekumpulan ukuran pusat data. Di antaranya, mengatur titik-titik data dari kecil ke besar untuk mencari jumlah pusatnya. Namun, jika ada dua angka di tengah, median adalah rata-rata dari kedua angka tersebut.

Di sisi lain, median adalah bentuk data yang berada di tengah, dengan syarat sudah diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar. Begitu Anda mendapatkan datanya, Anda harus mengurutkannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, syarat utama untuk menentukan median adalah mengurutkan data yang ada. Urutkan dari yang terkecil hingga terbesar. Juga, nyatakan bahwa median adalah nilai tengah dalam daftar tabel angka yang berurutan naik atau turun, dan dapat lebih deskriptif daripada mean atau nilai rata-rata.

Biasanya, median adalah sebagai bentuk kebalikan dari mean, saat terdapat pencilan dalam urutan yang mungkin mendistorsi nilai mean. Median suatu urutan data bisa lebih sedikit dipengaruhi oleh pencilan daripada mean atau rata-rata.

Pola Mencari Median

1. Median Data Tunggal

Data tunggal bisa disebutkan sebagai median data yang disajikan secara sederhana dan data tersebut belum tersusun atau dikelompokkan ke dalam kelas-kelas interval.

A. Data Tunggal Ganjil

Apabila ada bilangan ganjil, nilai mediannya merupakan bilangan yang ada di tengah, dengan jumlah bilangan yang sama di bawah dan di atasnya.

Contoh:

Carilah Median dari data: 7, 8, 8, 9, 4, 3, 7, 9, 5, 7, 6, 5, 6
kita urutkan dulu yu datanya dari yang terkecil
3, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 7, 7, 8, 8, 9, 9
data ke-1 : 3
data ke-2: 4
data ke-3: 5
data ke-4: 5
data ke-5: 6
data ke-6: 6
data ke-7: 7
data ke-8: 7
data ke-9: 7
data ke-10: 8
data ke-11 : 8
data ke-12: 9
data ke- 13: 9

jadi jumlah datanya 13 ya
Me = X ( 13+1)/2
Me = X (14)/2
Me = data ke- 7
kita lihat di atas bahwa data ke -7 adalah 7
jadi median data adalah 7

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...