12 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa Enak dan Menyegarkan

Dwi Latifatul Fajri
4 April 2022, 17:16
Takjil Buka Puasa
Pinterest/Ahmad Prabowo
Takjil Buka Puasa Kekinian

Menu takjil buka puasa bisa dibuat di rumah, lebih hemat dan higienis. Anda bisa membuat minuman dan camilan untuk menu berbuka puasa. Contoh menu takjil buka puasa yaitu es campur, es kopyor, kolak, bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Kata takjil kerap dihubungkan dengan bulan Ramadhan. Dalam buku Perca-perca bahasa, istilah takjil berasal dari bahasa Arab yaitu ajjala artinya menyegerakan. Kata turunan ajjala yaitu ta'jiil dalam bahasa Indonesia adalah penyegeraan dalam hal berbuka puasa.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia atau KBBI,  takjil diartikan sebagai makanan untuk berbuka puasa. Sebagian orang berpendapat takjil adalah makanan dan minuman pembuka ketika berbuka puasa.

Menu Takjil Buka Puasa

Menu takjil puasa kekinian bisa menjadi ide ketika anda di rumah. Ada berbagai pilihan untuk membuat minuman menyegarkan dan camilan. Berikut rekomendasi takjil buka puasa:

1. Es Pisang Hijau

Es Pisang Hijau
Es Pisang Hijau (Instagram/dhahliaansisti)

Ketika berbuka puasa, umat muslim menyegerakan minum terlebih dahulu. Salah satu rekomendasi menu takjil adalah es pisang hijau. Minuman es pisang hijau berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Minuman ini terdiri dari kukus yang dibalut kulit dadar hijau, mutiara, sirup, kuah kental, dan santan. Es pisang hijau menggunakan es serut atau bongkahan es. Ketika berbuka puasa, minuman ini cocok disantap sebagai makanan pembuka.

2. Es Kepal Milo

Es Kepal Milo sempat menjadi takjil buka puasa kekinian. Minuman ini cocok untuk menu buka puasa penyuka manis. Minuman ini terdiri dari coklat dan susu Milo. Es Kepal Milo disajikan dalam mangkuk kecil dan serutan es. Bagian atas atau topping, ditambahkan susu kental manis, permen coklat, dan meses.

3. Kolak

Menu takjil paling umum adalah kolak. Minuman ini terdiri dari pisang, ubi, kolak candil, biji salak, dan masih banyak lagi. Kolak bisa disajikan ketika dingin atau hangat.

4. Es Cendol

Es Cendol
Es Cendol (Instagram/kursus_cece)

Menu takjil hemat yang bisa dicoba di rumah adalah es cendol. Minuman ini terdiri dari cendol hijau, es, santan, gula, dan mutiara. Es cendol banyak dijual menjelang buka puasa tiba. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah.

5. Es Cincau Hitam

Es cincau hitam menjadi rekomendasi menu takjil buka puasa menyegarkan. Minuman ini terbuat dari cincau hitam, biji selasih, dan sirup sebagai pemanis.

6. Pisang Coklat

Pisang coklat cocok untuk takjil buka puasa. Sebelum makan hidangan utama, camilan ini bisa mengisi perut terlebih dahulu. Pisang coklat adalah olahan berbahan dasar pisang yang dibalut kulit lumpia. Selain isian pisang, ada juga coklat, keju, atau meses untuk menambah cita rasa.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...