12 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa Enak dan Menyegarkan

Camilan dan minuman menyegarkan bisa menjadi menu takjil buka puasa. Contoh menu takjil seperti risoles, martabak tahu, es pisang hijau, dan masih banyak lagi. Berikut menu takjil untuk berbuka puasa.
Dwi Latifatul Fajri
4 April 2022, 17:16
Takjil Buka Puasa
Pinterest/Ahmad Prabowo
Takjil Buka Puasa Kekinian

Menu takjil buka puasa bisa dibuat di rumah, lebih hemat dan higienis. Anda bisa membuat minuman dan camilan untuk menu berbuka puasa. Contoh menu takjil buka puasa yaitu es campur, es kopyor, kolak, bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Kata takjil kerap dihubungkan dengan bulan Ramadhan. Dalam buku Perca-perca bahasa, istilah takjil berasal dari bahasa Arab yaitu ajjala artinya menyegerakan. Kata turunan ajjala yaitu ta'jiil dalam bahasa Indonesia adalah penyegeraan dalam hal berbuka puasa.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia atau KBBI,  takjil diartikan sebagai makanan untuk berbuka puasa. Sebagian orang berpendapat takjil adalah makanan dan minuman pembuka ketika berbuka puasa.

Menu Takjil Buka Puasa

Menu takjil puasa kekinian bisa menjadi ide ketika anda di rumah. Ada berbagai pilihan untuk membuat minuman menyegarkan dan camilan. Berikut rekomendasi takjil buka puasa:

Advertisement

1. Es Pisang Hijau

Es Pisang Hijau
Es Pisang Hijau (Instagram/dhahliaansisti)

 

Ketika berbuka puasa, umat muslim menyegerakan minum terlebih dahulu. Salah satu rekomendasi menu takjil adalah es pisang hijau. Minuman es pisang hijau berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Minuman ini terdiri dari kukus yang dibalut kulit dadar hijau, mutiara, sirup, kuah kental, dan santan. Es pisang hijau menggunakan es serut atau bongkahan es. Ketika berbuka puasa, minuman ini cocok disantap sebagai makanan pembuka.

2. Es Kepal Milo

Es Kepal Milo sempat menjadi takjil buka puasa kekinian. Minuman ini cocok untuk menu buka puasa penyuka manis. Minuman ini terdiri dari coklat dan susu Milo. Es Kepal Milo disajikan dalam mangkuk kecil dan serutan es. Bagian atas atau topping, ditambahkan susu kental manis, permen coklat, dan meses.

3. Kolak

Menu takjil paling umum adalah kolak. Minuman ini terdiri dari pisang, ubi, kolak candil, biji salak, dan masih banyak lagi. Kolak bisa disajikan ketika dingin atau hangat.

4. Es Cendol

Es Cendol
Es Cendol (Instagram/kursus_cece)

 

Menu takjil hemat yang bisa dicoba di rumah adalah es cendol. Minuman ini terdiri dari cendol hijau, es, santan, gula, dan mutiara. Es cendol banyak dijual menjelang buka puasa tiba. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah.

5. Es Cincau Hitam

Es cincau hitam menjadi rekomendasi menu takjil buka puasa menyegarkan. Minuman ini terbuat dari cincau hitam, biji selasih, dan sirup sebagai pemanis.

6. Pisang Coklat

Pisang coklat cocok untuk takjil buka puasa. Sebelum makan hidangan utama, camilan ini bisa mengisi perut terlebih dahulu. Pisang coklat adalah olahan berbahan dasar pisang yang dibalut kulit lumpia. Selain isian pisang, ada juga coklat, keju, atau meses untuk menambah cita rasa.

7. Martabak Tahu

Rekomendasi menu takjil selanjutnya adalah martabak tahu. Makanan ini terbuat dari campuran kulit lumpia, tahu putih, telur, potongan daun bawang, gula, dan garam. Martabak tahu cocok jadi makanan berbuka puasa. Anda bisa menambahkan saus untuk penambah rasa pada martabak.

8. Bakwan Jagung

DAMPAK MOGOK DARI PERAJIN TAHU DAN TEMPE
DAMPAK MOGOK DARI PERAJIN TAHU DAN TEMPE (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

 

Camilan menu berbuka puasa yang bisa dimasak di rumah adalah bakwan jagung. Selain camilan, makanan ini bisa menjadi lauk ketika berbuka.

Bakwan jagung terbuat dari bahan utama jagung yang dicampur dengan tepung terigu, telur, dan potongan daun bawang. Makanan ini cocok ditambahkan pada nasi dan saus kacang.

9. Dadar Jagung

Dadar jagung adalah jajanan pasar dan makanan goreng yang dijual di pasar atau pedagang keliling. Dadar jagung memiliki rasa gurih seperti bakwan. Makanan ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, jagung, dan cabai.

10. Kroket

Camilan menu berbuka puasa selanjutnya yaitu kroket. Makanan ini umumnya dijual di pasaran. Varian isi kroket bervariasi bisa sayuran, sosis, dan daging ayam.

Kroket terbuat dari kentang tumbuk, daging cincang, wortel, dan buncis yang dibalut dalam tepung panir. Ketika adonan sudah dicampur, kemudian tepung panir digoreng dalam minyak panas. Lalu ditiriskan setelah warnanya berubah coklat.

11. Risoles

Risoles
Risoles (pixabay.com/mufidpwt)

 

Risoles terbuat dari campuran telur ayam dan sayuran sebagai isian. Isian dan bentuk risoles hampir sama seperti kroket. Namun, risol tidak memakai kentang tumbuk sebagai bahan.

12. Jenang

Bubur jenang bisa menjadi rekomendasi menu takjil. Makanan tradisional ini terdiri dari bubur sumsum, jenang grendul, jenang merah, dan jenang irang. Kemudian bahan tersebut dimasak hingga melunak atau menjadi bubur.

Variasi jenang bisa beraneka ragam, contohnya jenang ireng yang terbuat dari ketan hitam. Sehingga jenang ireng berwarna hitam. Dalam bahasa Jawa, ireng artinya hitam.

Ada juga jenang grendul yang berwarna merah kecoklatan. Jenang grendul ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah, sehingga menghasilkan warna merah kecoklatan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait