7 Sayur dan Buah yang Mengandung Vitamin K

Image title
11 April 2022, 11:11
Ilustrasi buah blueberry. Blueberry merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin K.
Unsplash
Ilustrasi buah blueberry.

Asupan vitamin K memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sebab, vitamin tersebut memiliki khasiat untuk membantu proses pembekuan darah. Nutrisi itu bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin K.

Menurut WebMD, vitamin K adalah nutrisi yang berkaitan dengan penyembuhan luka dan kesehatan tulang. Vitamin ini dapat membantu mencegah penyakit tulang osteoporosis dan melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Di Amerika Serikat, asupan nutrisi seperti vitamin K sangat direkomendasikan dalam proses penurunan berat badan atau diet. Untuk wanita disarankan agar mengkonsumsi setidaknya 90 mikrogram per hari. Sedangkan bagi pria sekitar 120 mikrogram.

Mengingat manfaatnya yang cukup banyak untuk tubuh, para ahli sangat merekomendasikan agar seseorang mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin K. Penasaran dengan sumber makanan dengan kandungan vitamin K di dalamnya? Berikut pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Vitamin K?

Vitamin K adalah kelompok senyawa yang membantu pembekuan darah dan mencegah pendarahan yang berlebihan. Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin K umumnya tidak digunakan sebagai suplemen makanan.

Dilansir dari Medical News Today, kekurangan asupan vitamin K serius bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya kepadatan mineral tulang yang rendah, penyakit jantung, osteoporosis, kerusakan gigi, mudah berdarah atau sulit membekukan darah, dan sebagainya.

Sumber utama vitamin K adalah sayur dan buah. Berdasarkan penelitian lebih lanjut, ada dua jenis vitamin K, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2.

Vitamin K1 dapat diperoleh dari sayuran hijau dan minyak dari beberapa tanaman. Sedangkan vitamin K2 bisa diperoleh dari beberapa makanan hewani dan sejumlah sayuran yang difermentasi.

Dikutip dari NHS, manfaat utama dari vitamin K adalah membantu pembekuan darah dan menyembuhkan luka.  Selain itu, sejumlah studi juga menyatakan kalau vitamin K dapat menyehatkan tulang.

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, mencatat bahwa orang yang rutin menjaga asupan vitamin K2 memiliki penurunan risiko kanker.

Tidak hanya manfaat di atas, vitamin K juga diketahui menjaga keseimbangan kadar insulin di dalam tubuh. Sebuah studi lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin K1 dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Sebagaimana dikutip dari Medical News Today, orang dewasa yang rutin mengkonsumsi vitamin ini memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik. Sehingga bisa diasumsikan kalau vitamin K kemungkinan berperan dalam mencegah penyakit Alzheimer.

Sayur dan Buah yang Mengandung Vitamin K

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sayur dan buah yang mengandung vitamin K sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini karena vitamin K bermanfaat dalam proses penyembuhan luka serta pembekuan darah.

Sayuran berdaun hijau mengandung jumlah vitamin K tertinggi, tetapi ada banyak sumber lainnya. Dilansir dari Healthline dan NDTV Food, berikut sayur serta buah yang mengandung vitamin K:

1. Bayam

Ilustrasi sayur bayam
Ilustrasi sayur bayam (Pixabay)

 

Sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin K adalah bayam. Bayam juga dikenal sebagai sayuran yang bermanfaat bagi orang yang sering mengalami anemia.

Selain punya serat yang cukup tinggi, bayam juga endah kolesterol dan mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, C, K dan zat besi. Tidak hanya berfungsi menambah sel darah merah dalam tubuh, sayuran ini juga bisa menyehatkan tulang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...