13 Sumber Makanan dan Buah yang Mengandung Asam Folat

Image title
11 April 2022, 13:24
buah yang mengandung asam folat, alpukat
Unsplash/Art Rachen
Jus alpukat

Bagi ibu hamil, asupan asam folat sangat penting untuk dijaga. Sebab, zat ini bermanfaat untuk mebantu proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah yang mengandung asam folat.

Menurut Healthline, asam folat adalah vitamin B9 yang larut dalam air. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena punya beragam manfaat. Dilansir dari Alodokter, fungsi utama asam folat yaitu membentuk sel darah merah. Asam folat serta nutrisi lainnya sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dapat menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin B9 atau asam folat bisa ditemukan secara alami di banyak makanan. Terutama pada sayuran hijau dan buah yang mengandung asam folat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar makanan dengan kandungan asam folat di dalamnya.

Sumber Asam Folat Baik untuk Tubuh

Sumber asam folat yang baik untuk tubuh manusia jumlahnya sangat banyak. Misalnya seperti sejumlah jenis kacang-kacangan yang kaya akan folat dan banyak nutrisi lainnya. Selain itu buah yang mengandung asam folat juga cocok untuk dikonsumsi, agar asupan asam folat tetap terjaga.

Dilansir dari Healthline, Redbook, dan Mamimo.com, berikut sumber makanan dan buah yang mengandung asam folat:

1. Sayuran Hijau

PANEN SAYUR HIDROPONIK DI PANTI SOSIAL
PANEN SAYUR HIDROPONIK DI PANTI SOSIAL (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.)

 

Jika dikonsumsi secara teratur, khasiat asam folat pada sayuran hijau dapat Anda rasakan. Di mana, berdasarkan sejumlah studi menunjukkan, bahwa makan yang banyak sayuran hijau dinilai mampu mengurangi peradangan dan risiko kanker.

2. Bayam dan Kangkung

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya manfaat
Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya manfaat (pexels.com)

 

Sumber makanan yang kaya akan kandungan asam folat berikutnya adalah bayam dan kangkung. Setengah cangkir bayam matang diketahui mengandung sekitar 130 mikrogram asam folat. Jumlah tersebut, lebih dari seperempat atau dosis harian yang direkomendasikan. Sementara itu, pada sayur kangkung juga mengandung asam folat dan zat besi yang cukup tinggi.

3. Buah Bit

Buah bit
Buah bit (Unsplash/Christina Rumpf)

 

Buah bit dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung asam folat dan antioksidan tinggi. Satu cangkir bit mentah mampu menghasilkan sekitar 148 mikrogram folat.

Selain itu, dari beberapa studi mengungkapkan kalau buah bit mengandung nitrat, magnesium, fosfor, vitamin C, A, dan mengandung sejumlah kecil kalsium dan zat besi. Buah ini juga berkhasiat untuk memperbaiki pencernaan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes.

4. Jeruk

Gambar daun jeruk dan jeruk segar
Gambar daun jeruk dan jeruk segar (pixabay.com)

 

Jeruk kecil umumnya memiliki 29 mikrogram asam folat. Jeruk menjadi salah satu buah yang mengandung asam folat dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Buah jeruk dikenal dengan vitamin C, mikronutrien esensial yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan membantu pencegahan penyakit.

Dari sejumlah penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi buah jeruk dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara, perut, dan pankreas.

5. Pisang

GELARAN PASAR TANI
GELARAN PASAR TANI (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/rwa.)

 

Buah yang mengandung asam folat berikutnya adalah pisang. Selain asam folat, buah ini sangat kaya akan kandungan potasium, mangan, dan vitamin B6. Untuk memperoleh manfaatnya, pisang bisa dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi olahan seperti smoothie pisang.

6. Asparagus

BUDI DAYA TANAMAN ASPARAGUS
BUDI DAYA TANAMAN ASPARAGUS (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.)

 

Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk asam folat. Bahkan empat batang asparagus diketahui memiliki kandungan asam folat sebanyak 89 mikrogram. Makanan ini dapat diolah dengan cara dipanggang, lalu ditambahkan sedikit garam, merica, dan mentega agar lebih nikmat saat disantap.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement