Baik untuk Kulit, Ini 11 Sayur dan Buah yang Mengandung Kolagen

Image title
11 April 2022, 14:33
Ilustrasi buah yang mengandung kolagen
unspalsh.com
Ilustrasi buah yang mengandung kolagen

Kolagen merupakan unsur penting yang diperlukan tubuh manusia, terutama dalam menjaga kesehatan kulit. Salah satu jenis protein ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi beragam sumber makanan dan buah yang mengandung kolagen.

Dikutip dari Klikdokter, kolagen adalah jenis protein yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit bersama keratin. Fungsi utama kolagen yaitu membuat kulit jadi elastis dan lebih halus.

Sebenarnya tubuh kita mampu memproduksi kolagen sendiri. Meski begitu, mengkonsumsi sayur atau buah yang mengandung kolagen juga sangat disarankan agar kulit wajah dan kulit tubuh jadi lebih sehat.

Lantas apa saja sayur dan buah yang mengandung kolagen tinggi? Berikut ulasannya.

Apa Itu Kolagen?

Ilustrasi penggunaan serum untuk kulit
Ilustrasi penggunaan serum untuk kulit (Pexels/KoolShooters)

 

Menurut Medicinenet, kolagen merupakan sebutan ilmiah untuk protein struktural utama yang ditemukan pada kulit serta jaringan ikat di tubuh manusia.  Selain pada manusia, kulit hewan juga diketahui memiliki protein tersebut.

Hampir 30% protein di tubuh manusia terbentuk dari kolagen. Masih mengutip sumber yang sama, kolagen terdiri dari 19 asam amino seperti glisin, prolin, hidroksiprolin, lisin dan arginin.

Sampai saat ini peneliti setidaknya sudah menemukan 29 jenis kolagen. Khusus pada tubuh manusia terdapat kolagen Tipe I-III. Tipe I ada di area kulit, tendon, pembuluh darah, organ, dan tulang. Tipe II terdapat di tulang rawan, sedangkan Tipe III ada di serat retikuler (serat bercabang tipis di jaringan ikat).

Tubuh manusia memang dapat memproduksi kolagen. Akan tetapi seiring bertambahnya usia, kolagen yang ada akan rusak, dan semakin sulit bagi tubuh untuk memproduksi lebih banyak.

Akibatnya hal tersebut kebanyakan orang  akan beralih ke suplemen kolagen. Suplemen ini biasanya berbentuk bubuk, meskipun ada juga kapsul dan suplemen cair yang tersedia.

Selain suplemen, asupan dari konsumsi sayur dan buah yang mengandung kolagen sangatlah penting, agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Ini berkaitan juga dengan manfaat kolagen yang membuat kulit tidak kendur, terlihat cantik, dan tampak halus.

Sayur dan Buah yang Mengandung Kolagen

Dilansir dari Healthline, Parade, dan sumber lainnya, berikut daftar sayuran dan buah yang mengandung kolagen tinggi, agar kulit semakin sehat:

1. Buah Berry

Buah Blueberry
Buah Blueberry (unsplash.com)

 

Buah dengan kandungan kolagen yang cukup tinggi salah satunya adalah buah berry. Jenis berry, seperti stroberi, blackberry, atau blueberry diperkaya akan vitamin C dan antioksidan yang berfungsi dalam merangsang pembentukan kolagen.

Kolagen yang terbentuk lebih cepat berkat vitamin C pada buah berry, akan menjadikan kulit semakin halus dan kencang. Selain itu, antioksidannya juga dapat melindungi kulit agar tidak rusak karena serangan radikal bebas.

2. Jeruk

Buah jeruk
Buah jeruk (Unsplash/J. Kelly Brito)

 

Sumber vitamin C yang paling populer adalah jeruk. Kandungan nutrisi dan vitamin pada buah jeruk, berfungsi menunjang asam amino, sehingga mempercepat pembentukan kolagen pada kulit manusia. Buah ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika tengah melakukan perawatan kulit, sehingga terlihat lebih cantik.

3. Jambu Biji dan Jambu Merah

Jambu Biji
Jambu Biji (Any Lane/Pexels)

 

Kandungan zinc dan mineral di dalam jambu biji ikut berperan dalam proses pembentukan kolagen. Selain itu, vitamin C di dalam jambu biji dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Selain vitamin, jambu biji khususnya jambu merah mengandung antioksidan melimpah. Antioksidan tersebut sangat bermanfaat, karena bisa menjaga kesehatan kulit tubuh maupun kulit wajah.

4. Kiwi

Manfaat Buah Kiwi
Manfaat Buah Kiwi (pixabay.com/Shutterbug75)

 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...