Perbedaan Cultural Lag dan Cultural Shock Beserta Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
11 April 2022, 16:09
Cultural Lag
Twitter Alyx Gorman, @AlyxG
Perbedaan Cultural Lag Dan Cultural Shock

Perubahan pola perilaku masyarakat terjadi karena globalisasi. Adanya kesenjangan sosial membuat perubahan sosial budaya dalam masyarakat.

Fenomena sosial akibat globalisasi menyebabkan terjadinya cultural shock dan cultural lag. Kedua fenomena sosial budaya ini merupakan dampak negatif dari globalisasi.

Globalisasi menyebabkan perubahan sosial budaya antar daerah berbeda. Perubahan ini menyebabkan perubahan unsur disintegrasi sosial (ketidakserasian sosial). Proses disintegrasi dapat mempengaruhi perilaku dalam masyarakat.

Pengertian Culture Lag

Cultural lag dalam bahasa Indonesia disebut kesenjangan budaya. Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Warga Negara yang Demokratis, cultural lag adalah salah satu unsur kebudayaan lain yang sudah berubah.

Kesenjangan budaya ini terjadi karena kelambanan dari salah satu unsur kebudayaan. Cultural lag disebut juga ketimpangan salah satu unsur kebudayaan untuk menyesuaikan diri dengan unsur kebudayaan lain yang sudah berubah.

Sementara itu, William F. Ogburn menjelaskan teori cultural lag dari sisi sosiologi. Teori itu menjelaskan kebudayaan dan pertumbuhan tidak selalu sama. Secara keseluruhan teori, cultural lag menjelaskan perbedaan taraf kemajuan dari berbagai kebudayaan. Di mana, terdapat kebudayaan yang berkembang cepat, sedang, sampai lambat.

Perbedaan taraf kemajuan itu menjadi bagian dari cultural lag. Pengertian lag sendiri mengandung beberapa makna, seperti jangka waktu terjadinya penemuan baru dan diterimanya penemuan tersebut.

Faktor Penyebab Cultural Lag

Fenomena cultural lag disebabkan karena ketertinggalan antara alam pikiran dan perkembangan teknologi. Berikut faktor penyebab cultural lag dalam buku Geografi dan Sosiologi:

  • Kurangnya perhatian dalam sektor yang harus menyesuaikan perkembangan sosial
  • Adanya hambatan terhadap perkembangan secara umum
  • Kurangnya kontak dengan budaya material masyarakat lain
  • Heterogenitas masyarakat dalam suatu wilayah

Contoh Cultural Lag

1. Masyarakat yang melanggar lalu lintas

Masyarakat yang kurang disiplin terhadap lalu lintas, termasuk contoh cultural lag. Contohnya terjadi peningkatan pembelian mobil dan motor.

Terjadi kemacetan di beberapa jalan, hingga terjadi pelanggaran lalu lintas. Mobil dan motor yang seenaknya melanggar aturan lalu lintas bisa membahayakan keselamatan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...