Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate dan Tips Membuatnya

Image title
11 April 2022, 23:59
Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate
Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja sangat dibutuhkan bagi seseorang atau jobseeker yang baru saja menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Biasanya, mereka akan mencari contoh surat lamaran kerja fresh graduate di internet.

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate bentuknya sangat beragam. Namun rata-rata contoh tersebut memuat beberapa poin penting yang berkaitan dengan profil, pengalaman kerja atau organisasi, dan masih banyak lagi.

Surat lamaran kerja sering disebut sebagai cover letter. Bagi seorang fresh graduate, surat lamaran kerja yang dibuat harus mampu meyakinkan pihak rekruter agar mau melirik profilnya.

Lalu seperti apa contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang baik dan benar? Berikut pembahasannya.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Surat lamaran kerja adalah keterangan singkat yang berisi profil seseorang sebagai pelamar kerja. Di dalam dokumen tersebut, beberapa poin yang menyangkut kemampuan dan pengalaman terkait jenis pekerjaan yang ingin dilamar harus dicantumkan.

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate sifatnya harus melengkapi keterangan yang sudah ada di curriculum vitae (CV), bukan justru sebaliknya. Dokumen tersebut dibuat dengan kalimat singkat dan efektif.

Seorang fresh graduate memang biasanya belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Akan tetapi, hal itu bukan menjadi masalah besar ketika dia mampu menarik minat rekturter melalui surat lamaran kerjanya.

Dilansir dari situs Glints.com, berikut sejumlah tips dalam menyusun surat lamaran kerja untuk fresh graduate:

Jadikan Dokumen Pelengkap CV     

Isi konten surat lamaran kerja biasanya meliputi latar belakang, pendidikan, keahlian, pengalaman, dan sebagainya. Namun, uraian di dalam surat lamaran tidak terlalu panjang. Alasannya beberapa poin yang menyangkut terkait profil pelamar kerja sudah dijelaskan pada CV. Oleh karena itu, gunakan surat lamaran kerja sebagai dokumen pendukung CV agar pihak rekruter melirik dan mau meluangkan waktu untuk membacanya.

Salah satu kesalahan besar yang sering terjadi khususnya pada pelamar fresh graduate, mereka kerap mengulang kembali isi dari CV. Alangkah baiknya, jika surat lamaran kerja dibuat sebagai dokumen pendukung yang isi kontennya yang mewakili kualitas kepribadian dari pelamar kerja.  

Tunjukan Sisi Kreativitas

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang diperoleh dari senior di kampus atau mengunduhnya di internet memang bagus untuk dijadikan referensi. Tetapi, sebaiknya dokumen ini dibuat sendiri.

Pelamar kerja harus bisa membuat surat lamaran kerja yang bisa menjelaskan kualitasnya, sehingga pihak rekruter menaruh perhatian lebih pada lamarannya nanti. Singkatnya, dokumen ini dibuat dan disusun sekreatif mungkin.

Jangan menjadi peniru yang hanya mengubah sedikit isi dari contoh surat lamaran kerja fresh graduate di internet.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement