10 Makanan Khas Tulungagung yang Bisa Menjadi Oleh-oleh Lebaran

Image title
6 Mei 2022, 23:09
Ilustrasi makanan khas Tulungagung yang bisa menjadi oleh-oleh lebaran saat kembali ke kota perantauan.
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/aww.
Ilustrasi makanan khas Tulungagung yang bisa menjadi oleh-oleh lebaran saat kembali ke kota perantauan.

Jawa Timur memiliki banyak lokasi destinasi wisata yang bisa disambangi masyarakat selagi mudik, salah satunya Tulungagung. Tak hanya wisata, Tulungagung juga menawarkan beragam menu kuliner yang ampuh menggoyang lidah penikmatnya. 

Makanan khas Tulungagung cukup beragam, mulai dari jajanan pasar, sampai olahan kuliner tradisional Jawa yang bakal menggugah selera. Para pemudik dapat mencicipi aneka makanan khas Tulungagung saat berkesempatan datang ke kabupaten ini. Selain itu, ada banyak makanan khas Tulungagung yang bisa menjadi oleh-oleh lebaran Anda.

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata. Mengutip situs Tulungagung.go.id, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur itu, memiliki beberapa objek wisata unggulan seperti Pantai Sine, Pantai Popoh, Candi Dadi, dan sebagainya.

Jika Anda berkunjung ke lokasi objek wisata tersebut, Anda juga dapat sekaligus menikmati beragam makanan khas Tulungagung. Mengutip buku Tulungagung dalam Rasa, serta sumber lainnya, berikut daftar makanan khas Tulungagung yang bisa menjadi oleh-oleh lebaran.

Rekomendasi Makanan Khas Tulungagung yang Bisa Menjadi Oleh-oleh Lebaran:

1. Kerupuk Gadung

Kuliner yang bisa menjadi salah satu pilihan makanan khas Tulungagung, sekaligus wajib dicicipi adalah kerupuk gadung. Camilan satu ini merupakan olahan berbahan dasar gadung, yakni jenis umbi-umbian yang mudah ditemukan di Pulau Jawa.

Makanan khas Tulungagung ini dapat ditemukan di Kecamatan Kalidawir. Keunikan dari kerupuk gadung terletak pada proses pembuatannya, di mana dalam mengolahnya, kerupuk gadung harus melalui fase pemeraman menggunakan abu untuk menghilangkan getahnya.

2. Kerupuk Kulit Rambak

Kerupuk kulit identik sebagai salah satu oleh-oleh yang cukup mudah ditemukan di Kabupaten Tulungagung. Wisatawan bisa membeli makanan khas Tulungagung ini, di sejumlah kios yang menjual olahan ini di pinggir jalan.

Kerupuk kulit rambak adalah makanan khas Tulungagung yang dibuat dengan bahan dasar kulit sapi dan kerbau. Sesuai namanya, kerupuk kulit ini mempunyai tekstur renyah dan sangat cocok untuk disantap dengan hidangan berkuah.

Terdapat dua jenis rambak yang diproduksi di Tulungagung. Pertama, adalah rambak dari kulit sapi dengan warna yang cerah. Sedangkan kedua, merupakan rambak dari kulit kerbau. Makanan khas Tulungagung ini menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner yang wajib untuk dicicipi.

3. Nasi Lodho

Kuliner lain khas Tulungagung yang wajib dicoba adalah nasi lodho. Secara tampilan, nasi ini mirip dengan kari ayam. Perbedaannya terletak pada proses pembuatannya.

Untuk membuat nasi lodho, ayam terlebih dahulu dipanggang sebelum diproses lebih lanjut. Kemudian dimasak dengan bahan lain. Proses pemanggangan inilah yang menjadi kunci utama kelezatan nasi lodho.

Selain itu, keunggulan dari nasi lodho sebagai makanan khas Tulungagung, terletak pada kuahnya. Kuah nasi lodho memiliki cita rasa pedas dan dibedakan menjadi kuah kental serta kuah encer.

4. Punten Pecel

Nama makanan khas Tulungagung satu ini memang terdengar unik. Selain unik, punten pecel mempunyai rasa yang nikmat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...