6 Manfaat Tinta Cumi Ini Jarang Diketahui

Siti Nur Aeni
15 Mei 2022, 10:18
6 Manfaat Tinta Cumi yang Jarang Diketahui
tripadvisor.co.id
Nasi Goreng Tinta Cumi

Cumi-cumi merupakan hewan yang unik. Pasalnya, hewan laut ini memiliki tinta berwarna hitam yang berguna untuk melindungi diri dari predator. Walaupun berbahaya untuk hewan laut lainnya, namun tinta cumi ternyata bermanfaat untuk manusia. Apa saja manfaat tinta cumi bagi manusia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Nutrisi dalam Tinta Cumi

Berdasarkan laman Sehatq.com, tinta hitam dalam cumi-cumi mengandung banyak senyawa unik seperti melanin, polisakarida, katekolamin, dan logam. Tinta tersebut juga mengandung asam amino seperti asam glutamat, taurin, alanin, leusin, hingga aspartat.

Kandungan melanin dan peptidoglikan dalam tinta cumi diketahui bisa menghasilkan zat kimia dan enzim yang berguna sebagai antioksidan seperti tirosin, katekolamin, dan dopamin yang dapat mencegah kanker. Tak hanya itu, tinta cumi juga mengandung asam lemak tak jenuh seperti DHA, asam oleat, dan EPA yang memiliki sifat anti bakteri.

Manfaat Tinta Cumi

Tinta cumi memberikan rasa yang nikmat pada olahan cumi-cumi.  Selain itu, tinta cumi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Melansir dari Sehatq.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mencegah Plak Pada Gigi

Tinta cumi diketahui mempunyai sifat antimikroba terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia. Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak tinta cumi bisa menetralkan bakteri penyebab plak di gigi. Beberapa bakteri yang dimaksud yaitu Streptococcus mutans, Candida albicans, Actinomyces viscosus, dan Lactobacillus acidophilus.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Tinta cumi mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan kanker. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tinta cumi bisa mengurangi ukuran tumor dan mencegah penyebaran sel kanker.

Selain itu, zat polisakarida dalam tinta cumi juga berguna untuk melindungi tubuh dari efek samping kemoterapi. Manfaat tinta cumi lainnya yaitu bisa meningkatkan kadar eritrosit, leukosit, dan haemoglobin pada orang yang mengalami efek samping kemoterapi.

3. Melawan Radikal Bebas

Melanin yang ada dalam tinta cumi memiliki sifat antioksidan. Zat ini berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas bisa memicu beragam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

4. Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat tinta cumi untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian menduga bahwa terdapat senyawa tertentu dalam tinta cumi yang mampu merangsang pelebaran pembuluh darah. Hal tersebut yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...