10 Negara Tertua di Dunia, Salah Satunya Sejak 6000 SM

Siti Nur Aeni
24 Mei 2022, 15:35
10 Negara Tertua Di Dunia, Sudah ada Sejak 3000 SM
Unsplash/Osama Elsayed
Kompleks Piramida di Giza di Mesir

Peradaban manusia dalam bentuk sebuah negara lahir karena adanya peristiwa sejarah yang panjang. Sebelum mengenal sistem negara, manusia dahulu hidup secara berkelompok. Tujuannya yaitu untuk saling menjaga satu sama lain dari bahaya yang mengancam.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, manusia kemudian membentuk negara dengan beragam sistem pemerintahan. Terbentuknya negara-negara yang ada saat ini tidak serempak.

Ada yang lahir lebih awal, namun ada juga yang baru terbentuk beberapa waktu terakhir. Lantas, negara mana sajakah yang termasuk dalam kelompok negara tertua di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.  

Urutan Negara Tertua di Dunia

Selama ribuan tahun terakhir, sudah banyak negara yang muncul dan tenggelam dengan beragam sebab. Beberapa negara tersebut bahkan disebut sebagai negara tertua di dunia. Hal tersebut dilihat dari penemuan sisa peradaban di masa lalu.

Dalam Oldest.org disebutkan setidaknya ada 10 negara yang masuk dalam daftar negara tertua di dunia. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mesir (6000 SM)

Berdasarkan peninggalan sejarah yang ada, Mesir diketahui sebagai negara tertua di dunia. Negara ini diketahui sudah mempunyai peradaban kuno pada tahun 6000 SM. Di masa tersebut, Mesir Hulu dan Hilir bersatu dan dipimpin oleh Raja Menes.

Sebagai pengetahuan, “Menes” sebenarnya sebutan untuk pendiri. Para sejarawan meyakini bahwa pendiri Mesir yaitu seorang penguasa bernama Narmer.

2. India (3300 SM)

Selain Mesir, negara lain yang sudah memiliki peradaban dari sebelum masehi yaitu India. Daratan India diketahui sudah berpenduduk sejak 3300 SM. Pada masa itu dikenal dengan nama Periode Weda. Sementara itu, India Modern baru lahir pada tahun 1947 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris,

3. Afghanistan (3000 SM)

Afghanistan juga termasuk dalam daftar negara tertua di dunia. Negara ini sudah dihuni sejak 3000 SM. Manusia pertama yang mendiri kota pertama di dunia yaitu Mundi Gak, di sekitar Kandahar modern. Para arkeolog juga telah menemukan peradaban di Lembah Indus, sebuah wilayah yang berada di Afghanistan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...