5 Manfaat Plank Setiap Pagi Untuk Kesehatan dan Kebugaran Badan

Image title
25 Mei 2022, 19:28
Ilustrasi lima manfaat plank setiap pagi untuk kesehatan dan kebugaran badan agar bisa tampil lebih prima.
Pexels.com
Ilustrasi lima manfaat plank setiap pagi untuk kesehatan dan kebugaran badan agar bisa tampil lebih prima.

Para pecinta olahraga tentunya familiar dengan gerakan plank. Gerakan ini memiliki posisi hampir mirip dengan push-up, dengan menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Ada banyak keuntungan melakukan gerakan ini, salah satu manfaat plank setiap pagi yakni memperkuat otot yang berada di pusat tubuh Anda (otot inti tubuh), yaitu otot panggul, punggung bawah, pinggang, dan perut.

Latihan plank juga efektif jika Anda ingin membentuk perut yang sixpack. Berikut sejumlah manfaat plank setiap pagi yang dilansir dari Alodokter.com:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh bungkuk umumnya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Nah, menahan posisi plank membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun.

Dalam waktu bersamaan, latihan ini akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap.

Pada akhirnya, manfaat plank setiap pagi dapat memberikan Anda berupa postur tubuh yang lebih baik dan stabil. Postur yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, yang meningkatkan kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

Terbiasa plank juga membuat Anda bisa duduk tegap tanpa dipaksakan sehingga tidak akan mudah kelelahan ketika terlalu lama duduk di depan laptop setiap hari.

2. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Otot-otot tubuh haruslah lentur dan fleksibel agar Anda bisa bebas bergerak luwes tanpa merasa cepat lelah. Seremeh apapun gerakan yang Anda buat, misalnya membungkuk untuk mengikat tali sepatu, akan sangat menguras tenaga apabila otot inti tubuh Anda lemah atau tidak fleksibel.

Hal ini pun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas, kram kaki, atau sakit punggung misalnya. Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel.

Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa, serta efisien. Selain itu, otot tubuh yang lentur juga bekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi Anda. Hal ini membantu mencegah risiko cedera dan mengurangi rasa sakit akibat cedera selama olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

3. Memantapkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat plank setiap pagi melatih Anda menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul.

Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih stabil. Secara hasil, Anda tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas.

Dapat disimpulkan apabila Anda ingin meningkatkan keseimbangan tubuh, latihan ini bisa jadi pilihannya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...