5 Manfaat Plank Setiap Pagi Untuk Kesehatan dan Kebugaran Badan

Berikut lima manfaat plank setiap pagi untuk kesehatan dan kebugaran badan, agar bisa tampil lebih prima.
Image title
25 Mei 2022, 19:28
Ilustrasi lima manfaat plank setiap pagi untuk kesehatan dan kebugaran badan agar bisa tampil lebih prima.
Pexels.com
Ilustrasi lima manfaat plank setiap pagi untuk kesehatan dan kebugaran badan agar bisa tampil lebih prima.

Para pecinta olahraga tentunya familiar dengan gerakan plank. Gerakan ini memiliki posisi hampir mirip dengan push-up, dengan menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Ada banyak keuntungan melakukan gerakan ini, salah satu manfaat plank setiap pagi yakni memperkuat otot yang berada di pusat tubuh Anda (otot inti tubuh), yaitu otot panggul, punggung bawah, pinggang, dan perut.

Latihan plank juga efektif jika Anda ingin membentuk perut yang sixpack. Berikut sejumlah manfaat plank setiap pagi yang dilansir dari Alodokter.com:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh bungkuk umumnya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Nah, menahan posisi plank membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun.

Dalam waktu bersamaan, latihan ini akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap.

Advertisement

Pada akhirnya, manfaat plank setiap pagi dapat memberikan Anda berupa postur tubuh yang lebih baik dan stabil. Postur yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, yang meningkatkan kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

Terbiasa plank juga membuat Anda bisa duduk tegap tanpa dipaksakan sehingga tidak akan mudah kelelahan ketika terlalu lama duduk di depan laptop setiap hari.

2. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Otot-otot tubuh haruslah lentur dan fleksibel agar Anda bisa bebas bergerak luwes tanpa merasa cepat lelah. Seremeh apapun gerakan yang Anda buat, misalnya membungkuk untuk mengikat tali sepatu, akan sangat menguras tenaga apabila otot inti tubuh Anda lemah atau tidak fleksibel.

Hal ini pun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas, kram kaki, atau sakit punggung misalnya. Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel.

Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa, serta efisien. Selain itu, otot tubuh yang lentur juga bekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi Anda. Hal ini membantu mencegah risiko cedera dan mengurangi rasa sakit akibat cedera selama olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

3. Memantapkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat plank setiap pagi melatih Anda menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul.

Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih stabil. Secara hasil, Anda tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas.

Dapat disimpulkan apabila Anda ingin meningkatkan keseimbangan tubuh, latihan ini bisa jadi pilihannya.

4. Mengencangkan Perut

Sekitar 10 % dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut (lemak viseral) adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya.

Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Oleh karenanya manfaat plank setiap pagi, perut rata dan kencang adalah salah satu manfaat plank lainnya yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukannya.

Memiliki otot inti yang kuat dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien.

Semua hal tersebut berperan dalam menjaga kebugaran tubuh tetap baik dan menunda proses penuaan dini. Pada akhirnya, inti tubuh yang kuat membuat Anda tampak dan merasa sehat serta bugar.

5. Meningkatkan Kebugaran Jasmani dan Metabolisme Tubuh

Kebugaran jasmani memiliki beberapa unsur di antaranya salah satunya adalah meningkatkan kekuatan otot.

Oleh karenanya, dengan melakukan plank bisa membantu kekuatan otot lengan dan kaki jadi lebih meningkat. Pasalnya, saat melakukan pose plank, otot tahan menahan berat badan tubuh.

Tidak hanya itu, manfaat plank ini nantinya juga menunjang peningkatan massa otot.

Oleh karenanya perlu Anda ketahui bahwa massa otot memainkan peran penting dalam kebugaran. Ketika tubuh membangun otot, terjadi pembakaran energi dan lemak sepanjang waktu.

Saat massa otot meningkat, semakin cepat tubuh dalam membakar kalori. Efeknya ini mengarah pada peningkatan sistem metabolisme tubuh yang membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat plank, latihan ini harus dilakukan dengan benar. Agar tidak salah mempraktikkannya, ikuti langkah-langkah berikut seperti yang dikutip dari situs Hallosehat.com:

1. Letakkan siku Anda di atas lantai dan letakan pergelangan tangan di depan, sejajar dengan siku.
2. Dengan tangan, dorong tubuh ke atas dengan posisi leher lurus. Sementara posisi kaki lurus ke belakang, yang menempel pada lantai hanyalah ujung jari.
3. Pastikan badan lurus dengan mengencangkan otot perut. Tahan otot perut mengencang. Rasakan juga otot di area pantat mengencang untuk menahan tubuh tetap lurus.
4. Tahan gerakan sambil terus bernapas dengan normal.
5. Lakukan sesuai durasi yang mampu Anda lakukan.
6. Anda bisa menambahkan modifikasi gerakan plank lainnya seperti gambar di atas selain melakukan gerakan plank yang biasanya menghadap ke depan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait