Daftar 8 Negara Terdingin di Dunia

Dwi Latifatul Fajri
31 Mei 2022, 17:02
Negara Terdingin di Dunia
Unsplash/Ken Mathiasen
Ibu Kota Nuuk di Pulau Greenland, yaitu pulau terbesar di dunia

Setiap negara terdingin di dunia umumnya memiliki, waktu musim dingin yang lebih panjang, hingga kebiasaan masyarakat yang berbeda. Negara-negara tersebut kebanyakan berada dekat dengan kutub

Negara terdingin di dunia ini berdasarkan peringkat rata-rata suhu tahunan, serta peringkat suhu terdingin yang tercatat di sebuah negara. Berikut urutan negara terdingin di dunia.

Advertisement

Negara Terdingin di Dunia

1. Antartika

Mengutip dari Swedishnomad.com, negara paling dingin di dunia adalah Rusia. Suhu terdingin di Rusia yang pernah tercatat berada di Verkhoyansk dan Oymyakon di Republik Sakha. Suhu terdingin mencapai 67,8 °C (−90 °F).

2. Greenland

Greenland merupakan wilayah di benua Amerika Utara. Wilayah Greenland termasuk negara otonom milik kerajaan Denmark yang memiliki pemerintahan sendiri. Pada 1954, tercatat suhu terdingin di Greenland adalah 66,1 °C (−87 °F). Mayoritas masyarakat yang tinggal di Greenland adalah keturunan Inuit atau Denmark.

3. Kanada

Negara terdingin ketiga adalah Kanada yang berada di benua Amerika Utara. Suhu terdingin yang tercatat yaitu −63 °C (−81,4 °F) di daerah Snag, Yukon pada 1947. Snag di Yukon berada di barat laut Kanada. Desa ini pernah digunakan sebagai jalur pendaratan selama perang dunia kedua.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki iklim yang berbeda di beberapa negara. Wilayah terdingin di Amerika Serikat berada di Prospect Creek, Alaska. Suhu terdingin tercatat -62,2 °C (−80 °F). Selain Alaska, bagian terdingin di Amerika Serikat yaitu Utah, Wyoming, Montana, dan Colorado.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement