Cara Membuat Masker Timun untuk Wajah Cerah Alami

Image title
17 Juni 2022, 11:23
Ilustrasi sejumlah cara membuat masker timun untuk wajah agar menjadi cerah alami dan tidak mengalami efek samping.
Pexels.com/Angela Roma
Ilustrasi sejumlah cara membuat masker timun untuk wajah agar menjadi cerah alami dan tidak mengalami efek samping.

Kulit wajah yang sehat, lembab, bersinar, dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Selain hanya sebagai penunjang penampilan, ini juga penting untuk kesehatan wajah.

Perawatan wajah dilakukan untuk mewujudkan dan menjaga kulit wajah. Jangan salah sangka ya? Bahwa perawatan wajah itu harus mahal. Anda bisa mendapatkan wajah sehat menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan mencoba cara membuat masker timun yang sangat baik ketika dioleskan ke kulit Anda.

Hal yang menyenangkan dari timun adalah bahwa ia tidak memerlukan pemrosesan atau persiapan apa pun untuk menjadi alat yang berguna dalam memerangi keriput. Cukup potong beberapa irisan dan Anda siap melakukannya. Timun benar-benar merupakan tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit Anda. Berikut sejumlah ulasan yang dilansir dari Klik Dokter dan Alodokter

Kompres Timun Dingin

Kompres timun dingin adalah cara yang efektif untuk melawan kerutan kecil ketika mereka pertama kali muncul.

Petunjuk kompres timun dingin

1. Potong timun menjadi dua dan iris tipis timun.
2. Tempatkan irisan di kulkas selama lima belas menit, atau di freezer selama lima menit.
3. Duduk atau berbaring, sehingga bagian tubuh Anda sejajar dengan lantai.
4. Tempatkan timun dingin di kulit Anda dan rileks.
5. Biarkan timun di kulit Anda selama lima belas menit.

Setelah lima belas menit habis, cukup buang irisan timun dan lanjutkan dengan perawatan wajah lainnya. Menggunakan timun dingin sebagai kompres cukup aman sehingga Anda bisa melakukannya setiap hari untuk menjaga kulit Anda tetap halus dan awet muda.

Masker Timun dan Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan likopen yang membantu mencerahkan kulit. Bersama timun, masker ini mampu mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit.

Haluskan seperempat kecil timun dan setengah tomat matang bersama. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher. Pijat selama satu atau dua menit dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker Timun dan Kentang

Kentang dikenal mampu menyamarkan noda hitam. Masker ini membantu menghilangkan noda hitam di wajah dan meratakan warna kulit. Campur masing-masing satu sendok makan jus kentang dan timun. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas.

Masker Timun dan Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat. Masker timun dan kunyit ini sangat cocok pada kulit berminyak dan normal. Cara membuat masker timun dan kunyit adalah dengan menghaluskan setengah buah kecil timun. Campurkan dengan sejumput kunyit dan satu sendok teh air lemon. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

Masker Timun dan Madu

Sama seperti kunyit, madu juga punya sifat antibakteri. Madu juga mampu melembapkan kulit yang kering. Campurkan satu sendok makan timun yang sudah dihaluskan, satu sendok makan oat, dan setengah sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...