9 Film Kungfu Terbaik dari Berbagai Masa

Image title
20 Juni 2022, 12:11
Jackie Chan sebagai salah satu artis film kungfu terbaik dari berbagai masa dan bisa dinikmati saat disaksikan dari layar kaca televisi di rumah.
ANTARA FOTO/REUTERS/Mario Anzouni
Jackie Chan sebagai salah satu artis film kungfu terbaik dari berbagai masa dan bisa dinikmati saat disaksikan dari layar kaca televisi di rumah.

Film kungfu terbaik menjadi salah satu incaran para penikmat sinema, di mana untuk bisa menikmati tayangan tersebut, kini bisa melalui berbagai platform digital. Film kungfu terbaik hadir dari masa ke masa, dan dapat ditonton ulang, meskipun telah tayang di bioskop puluhan tahun silam.

Berikut sejumlah rekomendasi film kungfu terbaik, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

Sinema kungfu jarang menang atau mendapatkan nominasi dari festival film internasional. Crouching Tiger, Hidden Dragon arahan sutradara Ang Lee mendobrak pandangan tersebut, karena berhasil memperoleh pengakuan universal.

Film kungfu terbaik ini dibintangi Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, dan Zhang Ziyi. Film tersebut memadukan kungfu dan romansa. Crouching Tiger, Hidden Dragon sudah mengantongi lebih dari 40 penghargaan, mendapat empat Piala Oscar, serta memegang rekor nominasi Academy Award terbanyak yang pernah didapat film tidak berbahasa Inggris tersebut.

2. Once Upon a Time in China (1991)

Film ini menceritakan Wong Fei Hung yang merupakan ahli kungfu dan ia harus membantu bangsa Tionghoa melawan kekejaman di abad ke-19. Hal tersebut menjadi tantangan besar dan sulit untuk diselesaikan.

Dia harus bisa melawan musuh bersenjata api dari Eropa. Mengandalkan kemampuan kungfu, Anda akan melihat perjuangan Wong Fei Hung melawan kekejaman dan membebaskan masyarakat Tionghoa dari jeratan bangsa Eropa. 

3. The Shaolin Temple (1982)

Di dalam Kuil Shaolin, Jue Yuan mendapatkan perlindungan dan mulai mempelajari ilmu kungfu. Dia ingin mempelajari dan menekuni ilmu bela diri, salah satu alasannya untuk membalas dendam pada seorang jenderal yang berkhianat dan membunuh ayah kandungnya.

Dalam usahanya membalas dendam, dia juga dibantu para biksu untuk mempelajari ilmu bela diri. Nah, untuk tahu bagaimana cara dia membalaskan dendamnya, Anda bisa langsung menonton film ini.

4. The Karate Kid (2010)

Film ini sempat menghebohkan anak-anak di dunia, sekaligus mendorong minat mereka untuk mempelajari ilmu kungfu. Film ini menceritakan seorang anak asal Amerika yang pindah ke Tiongkok karena masalah ekonomi.

Sesampainya si anak di sana, dia justru dirundung oleh anak-anak di sekolahnya, sampai akhirnya dia bertekad belajar kungfu untuk melindungi diri, sekaligus untuk pembuktian diri. 

Anak tersebut kemudian bertemu dengan seorang lelaki yang hidup sendiri bernama Han. Siapa sangka, ternyata Han memiliki keahlian bela diri dan mengajarkan anak itu kungfu dengan cara yang tidak biasa, seperti dengan berlatih menggantung pakaiannya, mengambil pakaiannya dari lantai, dan lain-lain.

5. Kung Fu Yoga (2017)

Film satu ini memiliki banyak unsur komedi di dalamnya. Film ini mengisahkan tentang seorang profesor yang mencari harta peninggalan Magadha di sebuah gunung es besar. Profesor ini pun pergi bersama asistennya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement