Pengertian Birokrasi, Ciri-ciri, dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
22 Juni 2022, 18:30
Pengertian Birokrasi
Pexels.com/Rebrand Cities
Ilustrasi Birokrasi

Kata birokrasi banyak digunakan dalam pemerintahan. Birokrasi penting dalam sebuah negara dan kinerja masyarakat. Adanya birokrasi ini membantu meningkatkan kinerja masyarakat, kelompok, dan organisasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), birokrasi adalah sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah, karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan. Arti lain birokrasi yaitu cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta tata aturan yang banyak likunya.

Dari arti kata tersebut, masyarakat beranggapan pemerintah lamban dan berbelit dalam menyelesaikan sesuatu. Awal kata birokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu bureau artinya meja dan kratia artinya aturan. Secara harfiah birokrasi adalah orang yang bekerja di meja dengan aturan yang ketat.

Mengutip dari kemenkeu.go.id, birokrasi awalnya merupakan lembaga yang dibentuk pemerintah. Tujuannya untuk melayani raja atau penguasa, jadi bukan melayani kepentingan rakyat.

Pengertian Birokrasi Menurut Para Ahli

1. Max Weber

Max Weber mengenalkan konsep birokrasi rasional. Menurutnya, birokrasi dibentuk karena negara harus memberi pelayanan terbaik pada masyarakat. Birokrat berperan penting dalam sosial masyarakat.

2. Hegel

Birokrasi adalah suatu institusi yang menduduki posisi organik yang netral dalam struktur sosial. Institusi berfungsi sebagai penghubung antar negara dengan kepentingan umum dan masyarakat sipil.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...