Pengertian Mutasi di Lingkup Biologi, Zoologi dan Administrasi

Dwi Latifatul Fajri
24 Juni 2022, 22:45
Pengertian Mutasi
Unsplash/Green Chameleon
Ilustrasi seseorang menulis

Mutasi dalam dunia pekerjaan artinya pemindahan pegawai atau karyawan. Ternyata mutasi memiliki arti luas di berbagai bidang, contohnya dalam bisnis, biologi, dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mutasi memiliki empat arti berbeda. Dalam bidang administrasi, mutasi adalah pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain.

Dalam bidang biologi, mutasi adalah perubahan yang terjadi mendadak dalam kromosom. Bidang kedokteran, mutasi adalah perubahan dalam bentuk, kualitas, atau sifat lain.

Bidang zoologi menjelaskan arti mutasi sebagai perubahan sifat dan perubahan kimiawi. Berikut pengertian mutasi di berbagai bidang mengutip dari berbagai sumber.

Pengertian Mutasi

1. Pengertian Mutasi di Bidang Administrasi

Menurut KBBI, mutasi adalah pemindahan pegawai atau karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain. Dalam buku Administrasi Kepegawaian, tujuan mutasi untuk meningkatkan efektivitas kerja dalam organisasi.

Pemindahan pegawai ini dikenal mutasi personal yakni perubahan posisi, jabatan, pekerjaan, dan tempat kerja yang dilakukan vertikal atau horizontal.

Secara vertikal mutasi artinya pegawai dipindahkan ke posisi jabatan lebih tinggi atau rendah dari sebelumnya. Sedangkan mutasi horizontal artinya perubahan pekerjaan yang masih di level atau tingkat sama.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement