Pengertian Mutasi di Lingkup Biologi, Zoologi dan Administrasi

Menurut KBBI, mutasi memiliki empat arti berbeda di bidang administrasi, biologi, dan zoologi. Berikut pengertian mutasi dan artinya di bidang tersebut.
Dwi Latifatul Fajri
24 Juni 2022, 22:45
Pengertian Mutasi
Unsplash/Green Chameleon
Ilustrasi seseorang menulis

Mutasi dalam dunia pekerjaan artinya pemindahan pegawai atau karyawan. Ternyata mutasi memiliki arti luas di berbagai bidang, contohnya dalam bisnis, biologi, dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mutasi memiliki empat arti berbeda. Dalam bidang administrasi, mutasi adalah pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain.

Dalam bidang biologi, mutasi adalah perubahan yang terjadi mendadak dalam kromosom. Bidang kedokteran, mutasi adalah perubahan dalam bentuk, kualitas, atau sifat lain.

Bidang zoologi menjelaskan arti mutasi sebagai perubahan sifat dan perubahan kimiawi. Berikut pengertian mutasi di berbagai bidang mengutip dari berbagai sumber.

Advertisement

Pengertian Mutasi

1. Pengertian Mutasi di Bidang Administrasi

Menurut KBBI, mutasi adalah pemindahan pegawai atau karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain. Dalam buku Administrasi Kepegawaian, tujuan mutasi untuk meningkatkan efektivitas kerja dalam organisasi.

Pemindahan pegawai ini dikenal mutasi personal yakni perubahan posisi, jabatan, pekerjaan, dan tempat kerja yang dilakukan vertikal atau horizontal.

Secara vertikal mutasi artinya pegawai dipindahkan ke posisi jabatan lebih tinggi atau rendah dari sebelumnya. Sedangkan mutasi horizontal artinya perubahan pekerjaan yang masih di level atau tingkat sama.

2. Pengertian Mutasi di Bidang Biologi

Mutasi di bidang Biologi artinya perubahan materi genetik (DNA), yang dapat diwariskan secara genetis ke keturunan berikutnya. Penyebab mutasi karena terjadi kesalahan replikasi materi genetika. Sehingga pembelahan sel yang disebabkan oleh radiasi, bahan kimia, virus, dapat terjadi ketika proses meiosis.

Perubahan pada bahan genetik ini terjadi pada tingkatan gen dan tingkat kromosom. Tujuan mutasi adalah menghadapi perubahan alam yang bisa timbul sewaktu-waktu.

Mengutip dari Gramedia.com, contoh mutasi yaitu perubahan mutasi pada DNA menyebabkan perubahan protein yang dihasilkan. Contohnya penyakit pada manusia disebabkan oleh virus yang bermutasi.

3. Pengertian Mutasi di Bidang Zoologi

Menurut KBBI, pengertian mutasi di bidang zoologi adalah perubahan sifat yang menurun, untuk menyesuaikan diri. Contohnya saja serangga yang tahan ketika disemprot gas asam hidrosianat.

Pengertian kedua, mutasi gen adalah perubahan kimiawi dan fisis suatu gen. Perubahan ini menghasilkan perubahan nyata dari sifat semula.

Zoologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan hewan. Zoologist adalah sebutan peneliti yang melakukan sebuah penelitian tentang hewan. Zoologi termasuk cabang ilmu Biologi yang membahas secara spesifik kehidupan binatang.

Dapat disimpulkan dari pengertian diatas, mutasi termasuk kata homonim. Artinya kata tersebut memiliki ejaan dan pelafalan sama, tetapi berbeda makna.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait