Offering Letter adalah Penawaran Kerja, Begini Cara Membalasnya

Image title
24 Juni 2022, 22:53
Ilustrasi offering letter
Unsplash/Van Tay Media
Ilustrasi offering letter

Saat Anda diterima bekerja pada sebuah perusahaan, biasanya pihak Human Resource Development (HRD) akan memberikan beberapa dokumen penting. Salah satunya yaitu offering letter.

Cara menawarkan offering letter adalah bisa menggunakan telepon sampai dikirim melalui email. Ketika menerima dokumen ini Anda harus segera membalasnya dan memberi konfirmasi terkait pekerjaan yang Anda terima.

Advertisement

Bisa dibilang kalau offering letter adalah langkah pertama yang bagus untuk Anda. Sebab, saat HRD menghubungi dan menawarkan offering letter maka itu artinya Anda sudah diterima kerja pada perusahaan tersebut.

Sebelum membalas offering letter dari HRD, sebaiknya Anda harus mengetahui apa itu offering letter dan fungsinya. Penasaran? Dikutip dari Glints dan sumber lainnya, simak pembahasan tentang offering letter di bawah ini.

Pengertian Offering Letter

Bagi seorang jobseeker, mendapatkan offering letter adalah sebuah kabar baik. Sebab, offering letter yang diberikan oleh pihak perusahaan merupakan informasi yang sangat didambakannya ketika melamar kerja.

Pengertian sederhana dari offering letter adalah surat penawaran kerja. Anda akan mendapatkan dokumen ini ketika sudah melalui tahapan rekrutmen seperti interview dan sebagainya.

Offering letter adalah dokumen yang sangat penting. Saat Anda memperolehnya dari HRD, sebaiknya Anda segera mengirimkan balasan untuk mengkonfirmasi apakah pekerjaan yang ditawarkan akan diambil atau tidak.

Bentuk offering letter tidak harus dokumen tertulis. Namun kebanyakan penawaran yang diberikan memakai format resmi dengan disampaikan secara tertulis.

Secara umum offering letter adalah surat pemberitahuan bahwa Anda telah diterima bekerja pada posisi yang sudah dilamar. Dengan kemajuan teknologi saat ini, dokumen itu sering dikirimkan melalui email.

Perlu diingat karena isi dari offering letter adalah keterangan bahwa Anda diterima pada posisi yang dilamar, maka dokumen ini juga mempunyai masa berlaku.

Pada umumnya perusahaan memberikan offering letter sebagai bentuk pemberitahuan yang sifatnya formal. Jangka waktu Anda harus membalas offering letter adalah 24 jam setelah dokumen itu dikirim atau bisa sampai satu minggu.

Perbedaan Offering Letter dan Kontrak Kerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, offering letter adalah surat penawaran kerja. Artinya, saat mendapatkan surat ini Anda sudah dipilih sebagai kandidat utama untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan.

Tujuan utama offering letter adalah memberikan informasi kepada kandidat yang sudah melalui proses rekrutmen. Artinya, dokumen ini berbeda dengan kontrak kerja.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement