Feedback adalah Bentuk Tanggapan, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
24 Juni 2022, 22:41
feedback adalah
ANTARA FOTO/HO/KLHK/nym.
Ilustrasi feedback

Feedback adalah istilah yang sering digunakan saat seseorang memberikan respon atas hal yang dijumpainya. Istilah ini bisa digunakan dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang ekonomi atau usaha. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Feedback?

Secara bahasa, feedback berarti umpan balik. Sementara itu dalam Business Management Analysis Journal (BMAJ) Vol. 2 No.1, feedback adalah proses yang penting dalam sebuah organisasi. Umpan balik merupakan informasi seputar kinerja seseorang dalam hal hasil, kejadian, insiden kritis, dan perilaku signifikan.

Umpan balik ini bisa menjadi hal yang positif apabila menginformasikan kepada seseorang bahwa yang bersangkutan sudah melakukan sesuatu yang baik. Tak hanya itu, feedback juga bisa bersifat konstruktif apabila memberikan saran agar penerima feedback bisa melakukan sesuatu yang baik.

Namun, umpan balik ini juga bersifat negatif saat berisi pernyataan bahwa yang bersangkutan telah melakukan sesuatu yang buruk. Umpan balik ini dapat memperkuat perilaku efektif dan menunjukkan perilaku yang perlu diubah.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa feedback adalah respon seseorang terhadap hal yang dialami, dilihat, atau didengarnya. Umpan balik ini bisa bersifat positif, membangun, atau negatif.

Fungsi Feedback

Fungsi umpan balik ini sebenarnya sudah sering dibahas oleh para ahli. Berdasarkan keterangan di Business Management Analysis Journal (BMAJ) Vol. 2 No.1, feedback ini berfungsi untuk menyampaikan motivasi, reinforcement, atau punishment.

Misalnya, seorang karyawan memiliki kemampuan tertentu. Jika keunggulan dan kelemahan seorang karyawan dibandingkan dengan karyawan lain, maka hal tersebut bisa memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaannya lebih baik. Hal itu bisa dilakukan lewat pemberian stimulus kerja supaya karyawan semakin rajin dalam bekerja.  

Menurut konteks manajerial produksi, fungsi feedback sebagai penguat atas perilaku yang telah dilakukan karyawan. Apabila tindakan karyawan sesuai dengan prosedur, maka harus diperkuat dan dipertahankan.

Tak hanya itu, ada baiknya manajer atau atasan memberikan pujian atau reward supaya mereka bisa tetap bekerja dengan optimal. Namun, jika tindakan dari karyawan tidak sesuai dengan arahan dan prosedur, maka manajer bisa memberikan hukuman supaya karyawan bisa berubah menjadi lebih baik.

Macam-macam Feedback

Feedback atau umpan balik ini ternyata terbagi menjadi beberapa macam. Dalam Business Management Analysis Journal (BMAJ) Vol. 2 No.1, berikut ini beberapa bentuk dari umpan balik yang perlu diketahui.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...