Carica adalah Makanan Khas dari Daerah Wonosobo yang Kaya Manfaat

Carica Adalah makanan khas dari daerah Wonosobo. Makanan ini berasal dari buah carica yang diawetkan dengan sirup. Ukuran buah carica lebih kecil dari pepaya.
Dwi Latifatul Fajri
8 Juli 2022, 21:59
Carica Adalah Makanan Khas Dari Daerah Wonosobo, Jawa Tengah
Instagram/carica_q
Ilustrasi Manisan Carica

Carica adalah makanan khas dari daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Buah carica masih satu keluarga dengan pepaya. Tetapi carica memiliki ukuran lebih kecil. Bentuk buah seperti perpaduan antara buah kakao dan pepaya.

Carica biasanya dibuat manisan khas Wonosobo. Mengutip dari buku Kuliner Dunia Christie Damayanti, carica tumbuh di dataran tinggi sekitar 1.500 sampai 3.000 meter diatas permukaan laut. Berikut penjelasan lengkap tentang carica.

Asal-Usul Carica 

Carica adalah makanan khas dari daerah Wonosobo. Nama buah carica berasal dari bahasa Latin, yakni Vasconcellea Cundinamarcensis. Buah ini masuk dalam Family Caricaceae yang berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Ketika masih mentah kulit buah carica berwarna hijau, kemudian menguning ketika matang. Buah ini memiliki harum dan bau yang khas, sehingga disebut buah para dewa.

Advertisement

Tinggi pohon carica tumbuh mencapai 10 meter seperti pohon pepaya. Tetapi ukuran buah lebih kecil sekitar 6-16 cm. Ketika dimakan langsung, rasa buah agak sepat. Berbeda dengan buah pepaya yang manis ketika dimakan.

Buah carica biasanya diawetkan terlebih dahulu untuk dijadikan sirup lalu  dimasak. Daging buah yang sudah diawetkan ini teksturnya seperti mangga, bukan pepaya.

Manisan carica biasanya dimasukkan dalam toples. Beratnya hanya 350 gram. Carica diawetkan menggunakan sirup khusus yang bisa bertahan 1 tahun. Buah yang diawetkan harus dihabiskan atau dimasukkan dalam lemari es. Jika sudah terbuka lama, rasa carica menjadi lebih asam.

Manfaat Buah Carica

Buah carica hidup di dataran tinggi seperti Pegunungan Dieng di Kabupaten Wonosobo. Dalam 100 gram, buah ini mengandung vitamin, kalsium, zat besi, air, serat, dan karbohidrat. Kalori buah carica cukup rendah sekitar 32 kkal.

Mengutip dari Hellosehat.com, buah carica mengandung manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat buah carica untuk kesehatan:

1. Melancarkan BAB

Carica mengandung serat sekitar 1 gram untuk berat buah 100 gram. Konsumsi buah carica baik untuk pencernaan. Selain serat, buah carica mengandung 90 % air yang baik untuk melancarkan buang air besar.

2. Kesehatan Tulang

Carica mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dalam 100 gram buah carica mengandung zat besi sekitar 1,9 mg, kalsium 51 mg, dan fosfor sebanyak 33 mg.

Kandungan kalsium dan fosfor ini menjadi mineral untuk menyusun tulang. Selain itu kandungan zat besi dan vitamin C dapat membantu proses pembentukan tulang.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Carica mengandung beta karoten dan vitamin C. Kandungan gizi ini baik untuk meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh alami. Vitamin C bermanfaat untuk melindungi tubuh dan membunuh mikroba.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat dari vitamin C lainnya yaitu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C mengandung antioksidan yang mencegah radikal bebas dari polusi sampai sinar ultraviolet. Vitamin c membantu melindungi kulit dari kerusakan dan tanda penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Beta karoten adalah senyawa provitamin A yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Manfaat beta karoten baik untuk kesehatan mata. Vitamin A ini termasuk zat gizi penting untuk mencegah mata kering. Manfaat lainnya dapat mencegah rabun senja dan infeksi mata.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait