Carica adalah Makanan Khas dari Daerah Wonosobo yang Kaya Manfaat

Dwi Latifatul Fajri
8 Juli 2022, 21:59
Carica Adalah Makanan Khas Dari Daerah Wonosobo, Jawa Tengah
Instagram/carica_q
Ilustrasi Manisan Carica

Carica adalah makanan khas dari daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Buah carica masih satu keluarga dengan pepaya. Tetapi carica memiliki ukuran lebih kecil. Bentuk buah seperti perpaduan antara buah kakao dan pepaya.

Carica biasanya dibuat manisan khas Wonosobo. Mengutip dari buku Kuliner Dunia Christie Damayanti, carica tumbuh di dataran tinggi sekitar 1.500 sampai 3.000 meter diatas permukaan laut. Berikut penjelasan lengkap tentang carica.

Asal-Usul Carica 

Carica adalah makanan khas dari daerah Wonosobo. Nama buah carica berasal dari bahasa Latin, yakni Vasconcellea Cundinamarcensis. Buah ini masuk dalam Family Caricaceae yang berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Ketika masih mentah kulit buah carica berwarna hijau, kemudian menguning ketika matang. Buah ini memiliki harum dan bau yang khas, sehingga disebut buah para dewa.

Tinggi pohon carica tumbuh mencapai 10 meter seperti pohon pepaya. Tetapi ukuran buah lebih kecil sekitar 6-16 cm. Ketika dimakan langsung, rasa buah agak sepat. Berbeda dengan buah pepaya yang manis ketika dimakan.

Buah carica biasanya diawetkan terlebih dahulu untuk dijadikan sirup lalu  dimasak. Daging buah yang sudah diawetkan ini teksturnya seperti mangga, bukan pepaya.

Manisan carica biasanya dimasukkan dalam toples. Beratnya hanya 350 gram. Carica diawetkan menggunakan sirup khusus yang bisa bertahan 1 tahun. Buah yang diawetkan harus dihabiskan atau dimasukkan dalam lemari es. Jika sudah terbuka lama, rasa carica menjadi lebih asam.

Manfaat Buah Carica

Buah carica hidup di dataran tinggi seperti Pegunungan Dieng di Kabupaten Wonosobo. Dalam 100 gram, buah ini mengandung vitamin, kalsium, zat besi, air, serat, dan karbohidrat. Kalori buah carica cukup rendah sekitar 32 kkal.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement