Cara Membuat Kesimpulan Makalah yang Mudah Dibaca dan Dimengerti

Image title
8 Juli 2022, 23:59
Cara membuat kesimpulan makalah
ANTARA FOTO/Seno/aww.
Seorang dosen, Heru S.P. Saputra menguji skripsi mahasiswa secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020). Dosen di Universitas Jember menerapkan perkuliahan dan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Bagi para mahasiswa, dosen dan peneliti, penutup merupakan bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam menulis makalah. Setelah melakukan penelitian dan menuliskan pembahasan, penulis makalah harus memberikan penutup berupa kesimpulan dan saran.

Adapun penutup makalah berisi kesimpulan dari penelitian, di mana cara membuat kesimpulan makalah perlu menjadi perhatian. Poinnya adalah menjelaskan apa temuan yang didapat dari penelitian tersebut.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa penulisan karya ilmiah baik dalam bentuk skripsi hingga disertasi tentu sudah menjadi barang yang tidak asing. Namun di balik tulisan makalah yang indah dan berbobot, ada bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam menulis makalah yaitu kesimpulan itu sendiri.

Para penulis diharuskan memberi akhiran berupa kesimpulan dan saran. Penutup makalah berisi kesimpulan dari penelitian. Poinnya adalah menjelaskan apa temuan yang didapat dari penelitian tersebut. Di sisi lain, dalam kesimpulan juga berisi rekomendasi penulis terhadap penelitian selanjutnya. Selain itu penulis juga bisa menyarankan rekomendasi kebijakan yang bisa diambil berdasarkan hasil penelitian. Oleh karenanya cara membuat kesimpulan makalah harus dipelajari oleh para penulisnya baik dari kalangan, mahasiswa hingga dosen dan kalangan umum. 

Cara Membuat Kesimpulan Makalah 

1. Membaca ulang karya tulis yang Anda buat

2. Menentukan kalimat utama

3. Menemukan ide pokok tulisan

4. Menyusun ide pokok dan informasi penting

5. Menyusun kalimat penjelas menjadi kesimpulan paragraf

6. Merangkai kesimpulan paragraf menjadi teks bacaan

7. Tuliskan opini terkait masalah dan keterbatasan

Poin Penting Membuat Kesimpulan Makalah

1. Sampaikan dengan Jelas dan Sederhana

Salah satu cara membuat kesimpulan makalah adalah memberikan kesimpulan yang baik dan tepat, dengan sederhana, singkat, dan jelas. Artinya, di dalam kesimpulan harus memuat rangkuman dari berbagai gagasan atau pernyataan yang telah dipaparkan terlebih dahulu di bagian isi.

Penting untuk tidak menguraikan gagasan baru atau melakukan improvisasi, sehingga bagian-bagian yang disampaikan lainnya bisa dipahami dengan jelas dan tidak menimbulkan kesan multitafsir dalam cara membuat kesimpulan.

2. Utamakan Penyampaian Pesan

Ciri lain dari cara membuat kesimpulan makalah yang baik kedua adalah pesan yang terdapat di dalam karya tulis dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Sehingga di dalam teks karya tulis tersebut informasi atau pesan yang ingin disampaikan dapat diterima, begitu juga dengan teks kesimpulan yang memang ditujukan untuk pembaca.

3. Memiliki Isi Intisari dari Tulisan

Karena kesimpulan merupakan rangkuman dari karya tulis atau tulisan, maka di dalam kesimpulan harus memuat intisari dari karya tulis tersebut. Intisari merupakan ringkasan tulisan yang isinya sama dengan apa yang sudah dijelaskan, namun ditulis secara singkat menggunakan bahasa sendiri dari penjelasan yang telah dikembangkan.

4. Kesimpulan Khusus hingga Umum

Artinya, cara membuat kesimpulan harus memuat makna dari hal yang khusus menjadi hal yang umum. Misalkan menjelaskan ide pokok karya tulis tersebut, baru kemudian menyusun kalimat yang merangkum seluruh isi di dalam ide pokok yang sudah dijelaskan.

Saat ini Anda tidak perlu khawatir jika kebingungan menulis kesimpulan atau penutup makalah, ada sejumlah contoh kesimpulan makalah yang diambil dari berbagai sumber baik skripsi, jurnal hingga karya ilmiah lainnya. Berikut ini lima contoh kesimpulan makalah, yang dikutip dari Penerbitbukudeepublish.com:

Aneka Ragam Contoh Kesimpulan Makalah

1. Contoh Kesimpulan dari Tugas Harian

Berikut contoh kesimpulan makalah hasil karya Ayura Fara Dimarta, mahasiswa jurusan Diploma III Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI, dengan judul makalah Nilai-Nilai Pancasila.

KESIMPULAN

Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan sudah sepatutnya menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat indonesia, nilai-nilai Pancasila merupakan cakupan dari nilai, norma, dan moral yang seharusnya mampu diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebab apabila Bangsa Indonesia mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut maka degradasi moral dan kebiadaban masyarakat dapat diminimalisir, secara tidak langsung juga akan mengurangi kriminalitas di Indonesia, meningkatkan keamanan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

2. Contoh Kesimpulan dari Jurnal

Berikut contoh kesimpulan makalah hasil karya Nurul Afifah, dosen Prodi PGMI STAIN Jurai Siwo Metro. Tulisan berjudul Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran) tersebut, dipublikasikan dalam Jurnal Elementary Volume 1 Edisi 1 Januari 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement