Mengenal Pengertian Drama dan Jenis-jenisnya

Image title
20 Juli 2022, 22:42
Pengertian Drama
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Mahasiswa jurusan Sendratasik dari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) bekerja sama dengan Teater Ngaos Art mementaskan lakon orang kasar di Gedung Kesenian, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). Pementasan orang kasar karya Anton Chekov yang diterjemahkan oleh WS Rendra dan disutradarai Ridwan Hasyimi itu mengisahkan seorang janda Nyonya Martopo yang ditinggal mati suami tercinta dengan meninggalkan banyak utang.

Sebagian besar orang mungkin pernah menyaksikan pementasan drama atau teater sekali dalam hidupnya. Biasanya pertunjukan drama disaksikan pada acara perpisahan sekolah atau semacamnya.

Dalam karya sastra, pengertian drama secara sederhana diartikan sebagai sebuah cerita yang tujuan utamanya adalah untuk ditampilkan di depan penonton. Sejak zaman dahulu pementasan drama sudah menjadi bagian dari seni dan budaya setiap bangsa.

Advertisement

Setiap negara di dunia mempunyai jenis drama dengan keunikannya tersendiri. Di Indonesia, kita mungkin sudah mengenal beberapa pertunjukan drama tradisional seperti lenong, ketoprak, wayang orang, dan lainnya.

Dalam artikel kali ini Katadata.co.id  bakal membahas seputar drama, mulai dari pengertian drama sampai jenis-jenis drama. Dihimpun dari berbagai sumber berikut pembahasan tentang materi pelajaran bahasa Indonesia yang cukup digemari ini.

Pengertian Drama

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata drama mengandung sejumlah arti. Pengertian drama dalam KBBI yang pertama yaitu komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan. 

Kemudian definisi lain menyebutkan bahwa kata drama juga merujuk pada sebuah cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.

Jika melihat dari penjelasan di atas, pengertian drama tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan teater. Hal ini karena teater merupakan bentuk pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi.

Melansir dari Thoughtco, naskah drama adalah salah satu bentuk karya sastra. Sebagai karya sastra pengertian drama adalah penggambaran peristiwa fiksi atau nonfiksi melalui pertunjukan dialog tertulis (baik prosa atau puisi). 

Penjelasan tersebut hampir serupa dengan uraian yang ada pada buku Drama: Konsep, Aplikasi dan Pengajarannya. Dalam buku ini dijelaskan bahwa pengertian drama adalah sebuah karya sastra yang ditulis dengan bahasa indah.

Drama biasanya disebut juga lakon, sedangkan penciptanya dikenal sebagai "penulis drama" atau "pendrama". Pada umumnya drama bisa dipentaskan di atas panggung. Namun demikian, naskah drama juga dapat diadaptasi menjadi film, atau cerita menarik untuk siaran radio. 

Berdasarkan penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan, drama merupakan jenis sastra yang ditulis untuk tujuan ditampilkan di depan penonton. Jenis tulisan ini ditulis dalam bentuk naskah, kemudian diceritakan melalui garis karakter yang diperankan oleh aktor.

Jenis-jenis Drama

Pertunjukan drama sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Pada awalnya, pementasan drama terutama teater dipentaskan untuk sarana pemujaan. Namun seiring waktu, pementasan drama mulai bergeser menjadi pertunjukan yang menghibur dan lainnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement