6 Manfaat Matahari Bagi Alam dan Manusia

Image title
20 Juli 2022, 22:53
Ilustrasi manfaat matahari bagi alam semesta sehingga manusia bisa hidup dengan aman dan nyaman.
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/hp/cf
Ilustrasi manfaat matahari bagi alam semesta sehingga manusia bisa hidup dengan aman dan nyaman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), matahari adalah pusat tata surya yang memancarkan panas dan cahaya ke Bumi, serta planet-planet lain yang mengitarinya. Sebagian besar kandungan dalam matahari berupa hidrogen dan helium. Berikut manfaat matahari bagi alam dan juga manusia yang dilansir dari Gramedia.com:

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Manfaat matahari bagi alam adalah menjadi energi yang tidak akan ada habisnya atau bisa dikatakan sebagai energi terbarukan. Maka tak heran apabila manfaat energi matahari yang pertama adalah bisa digunakan sebagai sumber energi untuk listrik. Listrik dari matahari sendiri dikenal sebagai listrik tenaga surya.

Dengan memanfaatkan energi panas matahari sebagai sumber listrik, hal ini menjadikan kamu memiliki pasokan listrik yang aman dan baik untuk lingkungan. Kita tahu sendiri bahwa selama ini manusia masih bergantung pada batubara untuk menyalakan listrik. Sementara itu, listrik energi surya diyakini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk manusia seperti keperluan rumah maupun gedung dan pabrik.

Cahaya Bagi Alam Semesta

Manfaat matahari bagi alam selanjutnya dari energi panas matahari adalah bisa digunakan sebagai sumber penerangan bagi manusia. Apabila tidak ada energi matahari dengan bentuk berupa cahaya, tentu saja dunia akan dilanda kegelapan. Hal ini akan menjadikan seluruh umat manusia tidak dapat melihat apapun yang ada di lingkungan sekitarnya.

Sumber cahaya yang bersumber dari matahari tentu sangat berbeda dengan penerangan yang diberikan oleh lampu. Lampu sendiri dapat menyala apabila dialiri oleh listrik terlebih dahulu. Maka dari itu, seiring dengan penggunaan teknologi panel surya yang lebih murah, kamu dapat memanfaatkannya sebagai sumber penerangan alami pada saat pagi hari dan cadangan energi untuk lampu di malam hari.

Energi Bahan Bakar Kendaraan

Penggunaan dari kendaraan tenaga surya ini sendiri masih belum banyak dimiliki sekarang ini. Hal ini disebabkan tenaga surya yang belum tersedia secara luas bagi banyak orang. Maka dari itu, cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan kendaraan ini tentu adalah dengan melakukan perubahan pada sumber listrik, dari batu bara menjadi energi terbarukan seperti matahari.

Menguatkan Kesehatan Tubuh

Energi panas matahari ternyata sangat baik digunakan untuk menguatkan tulang. Vitamin D sendiri diketahui memiliki peran yang cukup penting dalam melakukan pengaturan kalsium sekaligus membuat kadar fosfor dalam darah lebih stabil. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan vitamin D yang sangat baik untuk digunakan dalam menyerap kalsium.

Sebagai sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, energi panas matahari disebut juga sebagai vitamin sinar matahari atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan vitamin D. Kulit manusia pada dasarnya memiliki sejenis kolesterol yang memiliki fungsi sebagai pembangun vitamin D. Pada saat senyawa ini terpapar oleh radiasi UV-B dari matahari, maka senyawa tersebut akan berubah menjadi vitamin D.

Tata Surya
Tata Surya (brgfx/Freepik)

 

Pusat Tata Surya Galaksi Bima Sakti

Manfaat matahari bagi alam selanjutnya, adalah sebagai pusat tata surya, yang terdiri atas banyak bintang. Matahari memiliki massa dan gravitasi terbesar dibandingkan bintang-bintang lainnya. Inilah yang membuat planet-planet dan benda langit lainnya bergerak mengitarinya. Gravitasi matahari membuat seluruh planet tetap dalam orbit masing-masing.

Menjaga Siklus Air

Siklus air menjadi salah satu manfaat energi matahari bagi alam. Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci siklus hidrologi dapat berjalan secara terus menerus. Dalam siklus pendek, sinar matahari akan membuat sumber air menguap. Setelah penguapan, kemudian akan terjadi proses kondensasi yang membentuk awan yang mengandung uap air. Awan yang mengandung uap air akan mengalami kejenuhan lalu turun sebagai hujan.

 

Advertisement
Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait