6 Manfaat Matahari Bagi Alam dan Manusia

Image title
20 Juli 2022, 22:53
Ilustrasi manfaat matahari bagi alam semesta sehingga manusia bisa hidup dengan aman dan nyaman.
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/hp/cf
Ilustrasi manfaat matahari bagi alam semesta sehingga manusia bisa hidup dengan aman dan nyaman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), matahari adalah pusat tata surya yang memancarkan panas dan cahaya ke Bumi, serta planet-planet lain yang mengitarinya. Sebagian besar kandungan dalam matahari berupa hidrogen dan helium. Berikut manfaat matahari bagi alam dan juga manusia yang dilansir dari Gramedia.com:

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Manfaat matahari bagi alam adalah menjadi energi yang tidak akan ada habisnya atau bisa dikatakan sebagai energi terbarukan. Maka tak heran apabila manfaat energi matahari yang pertama adalah bisa digunakan sebagai sumber energi untuk listrik. Listrik dari matahari sendiri dikenal sebagai listrik tenaga surya.

Advertisement

Dengan memanfaatkan energi panas matahari sebagai sumber listrik, hal ini menjadikan kamu memiliki pasokan listrik yang aman dan baik untuk lingkungan. Kita tahu sendiri bahwa selama ini manusia masih bergantung pada batubara untuk menyalakan listrik. Sementara itu, listrik energi surya diyakini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk manusia seperti keperluan rumah maupun gedung dan pabrik.

Cahaya Bagi Alam Semesta

Manfaat matahari bagi alam selanjutnya dari energi panas matahari adalah bisa digunakan sebagai sumber penerangan bagi manusia. Apabila tidak ada energi matahari dengan bentuk berupa cahaya, tentu saja dunia akan dilanda kegelapan. Hal ini akan menjadikan seluruh umat manusia tidak dapat melihat apapun yang ada di lingkungan sekitarnya.

Sumber cahaya yang bersumber dari matahari tentu sangat berbeda dengan penerangan yang diberikan oleh lampu. Lampu sendiri dapat menyala apabila dialiri oleh listrik terlebih dahulu. Maka dari itu, seiring dengan penggunaan teknologi panel surya yang lebih murah, kamu dapat memanfaatkannya sebagai sumber penerangan alami pada saat pagi hari dan cadangan energi untuk lampu di malam hari.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement