Contoh Kata Sandi 8 Karakter dan Tips Membuatnya

Siti Nur Aeni
22 Juli 2022, 10:04
Contoh Kata Sandi 8 Karakter dan Tips Membuatnya yang Perlu Diketahui
pexels.com/cottonbro
Ilustrasi

Memahami contoh kata sandi 8 karakter menjadi hal penting untuk diketahui. Pasalnya, kata sandi atau password sangat berkaitan dengan keamanan akun dalam sebuah platform digital.

Setiap platform biasanya memiliki ketentuan tersendiri terkait pembuatan kata sandi. Umumnya, pengguna platform digital diminta untuk membuat kata sandi yang kuat dan unik. Tujuannya untuk menghindari peretasan akun yang dapat merugikan pemilik akun.

Lalu, bagaimana cara membuat kata sandi yang kuat, serta contohnya? Simak penjelasan lengkapnya.

Mengenal Konsep Kata Sandi

Menurut penjelasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata sandi adalah kata kunci yang bersifat rahasia untuk melindungi berkas atau data dari akses tanpa izin. Kata sandi sangat erat hubungannya dengan sistem komputerisasi.

Password biasanya dibuat dengan beragam karakter yang digunakan pengguna jaringan, atau sistem operasi yang bisa mendukung user untuk melakukan verifikasi identitas. Kata sandi juga bisa dimaknai sebagai kata rahasia, yang digunakan sebagai pengenal sekaligus pengaman.

Maka dari itu, saat Anda hendak masuk ke sebuah platform, Anda akan diminta untuk mengisi username dan password yang sesuai. Jika username dan password  cocok, maka sistem keamanan akan memberikan izin akses kepada pengguna layanan tersebut.

Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

Fungsi kata sandi yaitu untuk mengamankan akun dari ancaman pencurian informasi hingga peretasan akun. Maka dari itu, kata sandi harus kuat agar orang lain tidak bisa mengenali password yang Anda miliki.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement