Penyebab Radang Usus Buntu, Gejala, Diagnosis dan Penanganannya

Image title
9 Agustus 2022, 12:09
Ilustrasi, penderita radang usus buntu. Penyebab radang usus buntu mencakup infeksi virus, bakteri, atau parasit di saluran pencernaan, dan penyumbatan oleh tinja. Gejalanya meliputi nyeri di sisi kanan perut bagian bawah, mual, dan muntah.
Rawpixel
Ilustrasi, penderita radang usus buntu

Penyebab radang usus buntu bisa terjadi karena berbagai hal. Usus buntu sendiri adalah bagian usus yang berbentuk seperti ekor kurus, pendek, dan buntu, yang muncul dari permukaan usus besar dan terletak di sebelah kanan bawah perut. Fungsi dari usus buntu sampai sekarang masih belum diketahui dengan pasti.

Usus buntu dapat mengalami peradangan sehingga perlu penanganan lebih lanjut. Mengutip penelitian Wijaya dkk, dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Vol 11, No, 1, Juni 2020, prevalensi radang usus buntu atau apendisitis akut di Indonesia berkisar 24,9 kasus per 10 ribu populasi.

Apendisitis bisa menimpa pada laki-laki maupun perempuan dengan risiko menderita apendisitis selama hidupnya mencapai 7 % hingga 8 %. Prevalensi apendisitis tertinggi terjadi pada usia 20-30 tahun.

Penyebab Radang Usus Buntu

Dr. Ayustawati, Ph.D dalam buku Mengenali Keluhan Anda (2013) menjelaskan bahwa penyebab radang usus buntu masih belum diketahui secara pasti. Beberapa penelitian ilmiah mengindikasikan, penyebab usus buntu terjadi karena tinja atau feses yang menyumbat. Penyumbatan tersebut belum diketahui apakah karena makanan atau diet.

Melansir publikasi Johns Hopkins Medicine, radang usus buntu terjadi ketika bagian dalam usus buntu tersumbat. Peradangan usus buntu dapat disebabkan oleh berbagai infeksi seperti virus, bakteri, atau parasit di saluran pencernaan.

Selain itu, radang usus buntu mungkin terjadi ketika tabung yang menghubungkan usus besar dan usus buntu tersumbat atau terperangkap oleh tinja. Tumor juga dapat menyebabkan radang usus buntu.

Saat peradangan, usus buntu menjadi sakit dan bengkak. Suplai darah ke usus buntu berhenti karena pembengkakan dan rasa sakit semakin parah. Tanpa aliran darah yang cukup, usus buntu mulai mati.

Usus buntu dapat pecah (perforasi), berlubang atau robek di dindingnya, sehingga tinja, lendir, dan infeksi berpotensi bocor dan masuk ke dalam perut. Hasilnya bisa berupa peritonitis, yaitu radang pada peritoneum dengan gejala demam menggigil, mual, muntah, dan nyeri pada perut bagian bawah.

Gejala Radang Usus Buntu

Penyebab radang usus buntu muncul karena beberapa faktor di atas, Anda yang menderita radang usus buntu tentunya akan merasaka beberapa gejala. Dikutip dari Mayo Clinic terdapat sejumlah gejala radang usus buntu sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...