7 Ide Lomba 17 Agustus dari Permainan Tradisional

Dwi Latifatul Fajri
10 Agustus 2022, 13:00
Ide Lomba 17 Agustus
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Ilustrasi Bendera Merah Putih

Perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap tahun. Hal ini tentu membuat penyelenggara acara perayaan kerap kelimpungan menyiapkan ide lomba 17 Agustus. Untuk tahun ini, masyarakat Indonesia akan menyambut HUT RI ke-77 pada Rabu (17/8).

Momentum perayaan 17 Agustus juga tidak akan dilewatkan masyarakat, sehingga ide lomba 17 Agustus penting untuk disiapkan sekreatif mungkin. Kemeriahan pun akan semakin terasa dengan aksi warga yang memasang bendera dan umbul-umbul di depan rumah.

Hari perayaan kemerdekaan juga identik dengan lomba 17 Agustus yang unik dan menarik. Sebut saja beberapa perlombaan yang wajib ada setiap perayaan, seperti lomba balap karung, makan kerupuk, hingga panjat pinang. Melalui perlombaan tersebut, diharapkan mampu mempererat kebersamaan dan menambah jiwa nasionalisme.

Anda tidak perlu kehabisan akal untuk mencari ide lomba 17 Agustus, mengingat ada banyak permainan tradisional yang bisa dijadikan pilihan untuk meramaikan hari kemerdekaan setiap tahunnya. 

Ide Lomba 17 Agustus

Permainan tradisional bisa menjadi ide lomba 17 Agustus. Masyarakat bisa meningkatkan nilai budaya dan menanamkan cinta tanah air melalui lomba permainan tradisional. Berikut rekomendasi permainan tradisional untuk ide lomba 17 Agustus:

1. Gasing

Ide lomba 17 Agustus untuk permainan tradisional adalah gasing. Masyarakat bisa menyelenggarakan lomba gasing, mainan tradisional khas Indonesia. Gasing adalah mainan tradisional berbentuk bulat mengerucut.

Mainan ini bisa berputar pada poros bawah yang seimbang dengan satu titik. Gasing terbuat dari kayu yang dibentuk lingkaran, lonjong, silinder, dan kerucut. Gasing terdiri dari bagian kepala, bagian badan, dan kaki.

Ada juga tali penarik yang dililitkan bagian atas. Tali tersebut kemudian ditarik sampai gasing terlepas dan berputar cepat pada porosnya.

2. Tali Merdeka

Tali merdeka adalah permainan tradisional di Indonesia. Permainan ini dimainkan sedikitnya tiga orang. Kedua orang memegang tali, sementara satu orang melompati tali yang berputar. Kedua orang akan mengangkat setinggi-tingginya tali seperti gerakan pejuang yang menyerukan merdeka.

Tali yang digunakan adalah untaian karet gelang. Biasanya tali karet akan berputar semakin cepat dan semakin tinggi. Ketinggian tali mulai dari selutut, sepinggang, hingga satu kepala. Jika pelompat gagal, kemudian digantikan pemain lain yang memegang tali.

3. Boi-Boian

Boi-boian merupakan permainan tradisional dari provinsi Kalimantan Timur. Mengutip dari Kemdikbud.go.id, permainan ini dilakukan 5 sampai 10 anak. Alat yang dibutuhkan adalah lempengan batu, atau pecahan genting, dan bola kasti. Saking menariknya, permainan satu ini bisa menjadi ide lomba 17 Agustus tahun ini.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...