8 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Aksi Patriotik Melawan Penjajah

Image title
15 Agustus 2022, 09:34
Ilustrasi, poster film Merah Putih (2009), film tentang kemerdekaan Indonesia
IMDB
Ilustrasi, poster film Merah Putih (2009), film tentang kemerdekaan Indonesia

Menjelang hari kemerdekaan Indonesia, banyak berbagai aktivitas yang dapat dilakukan untuk merayakannya, salah satunya dengan menonton film tentang kemerdekaan Indonesia. Film-film ini terinspirasi oleh perjuangan melawan penjajah dan mencapai kemerdekaan.

Dengan menonton film tentang kemerdekaan Indonesia, kita dapat mempelajari sikap patriotisme dan nasionalisme serta mengusung nilai-nilai Pancasila. Berikut rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang dapat disaksikan.

Advertisement

1. Soekarno (2013)

Film ini mengikuti kehidupan Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia, dari masa kecilnya hingga ia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama M. Hatta pada 17 Agustus 1945.

Bermula pada 1942, Pemerintah Hindia Belanda di Pulau Jawa menangkap Soekarno, seorang pemuda bercita-cita tinggi yang ingin membebaskan Indonesia dari penjajahan. Dia kemudian dimasukkan ke dalam Penjara Banceuy di Bandung, Indonesia.

Alih-alih meratapi nasibnya, Soekarno menemukan cara untuk melawan dengan menyampaikan orasi pembelaannya yang terkenal berjudul "Indonesia Menggugat" dalam persidangannya di Pengadilan Negeri Bandung Landraad.

2. Kadet 1947 (2021)

Dikutip dari Lembaga Sensor Film Indonesia, film Kadet 1947 menceritakan tentang para kadet angkatan udara di Maguwo, Jogjakarta, bernama Sigit, Mul, Adji, dan Har. Mereka ingin mencoba ikut mempertahankan Proklamasi kemerdekaan Indonesia dari agresi militer Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia pada 1947.

Para kadet sesungguhnya belum bisa ikut berperang karena statusnya masih taruna. Mereka hanya diperbolehkan membantu para seniornya dan tidak bisa menerbangkan pesawat. Sigit, yang mengetahui di desanya ada pesawat Jepang yang jatuh, mencoba mengajak kawannya untuk mengambil mesin pesawat tersebut.

Kisah patriotis para kadet ini diilhami peristiwa serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) terhadap markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.

3. Merah Putih (2009)

Merah Putih merupakan film tentang kemerdekaan Indonesia yang menjadi bagian dari rangkaian film "Trilogi Merdeka". Film ini menceritakan perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947.

Lima tokoh utama, Amir, Tomas, Dayan, Soerono, dan Marius, merupakan kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak di Bantir, Semarang, Jawa Tengah. Masing-masing memiliki latar belakang, suku, dan agama yang berbeda.

Suatu hari, kamp tempat mereka berlatih diserang tentara Belanda. Seluruh kadet terbunuh, kecuali Amir, Tomas, Dayan, dan Marius. Mereka yang selamat bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Disana, mereka menyusun strategi untuk mengalahkan pasukan Belanda.

4. Darah Garuda (2010)

Darah Garuda atau Merah Putih II merupakan film sekuel Merah Putih sekaligus film kedua dalam rangkaian “Trilogi Merdeka”. Masih mengikuti para pejuang, kali ini mereka terpecah oleh rahasia-rahasia dari masa lalu dan konflik rumit tentang kepribadian, kelas sosial dan agama.

Para kadet menerima tugas rahasia dari kantor pusat Jendral Sudirman untuk menyerang lapangan udara vital yang dapat membalikkan perlawanan para pemberontak melawan kezaliman dari Jenderal Van Mook pada Agustus 1947.

Melalui hutan belantara, mereka bertemu dengan pejuang lain dari separatis Islam dan sekutu baru. Meski demikian, keempat lelaki bersatu untuk melancarkan sebuah serangan nekat terhadap kamp tawanan milik Belanda, demi menyelamatkan para perempuan yang mereka cintai.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement