Cara Memindahkan Kontak ke Gmail Paling Mudah

Image title
23 Agustus 2022, 22:44
cara memindahkan kontak ke gmail
unspalsh.com
Gmail

Tahukah Anda kalau saat ini ada cara memindahkan kontak ke Gmail, yang bisa dilakukan dengan mudah. Metode tersebut sangat berguna agar daftar kontak telepon milik Anda tetap aman.

Pada umumnya akun Gmail pada ponsel berbasis android, memungkinkan penggunanya mengakses serta menggunakan berbagai layanan yang berasal dari Google. Termasuk di dalamnya yaitu cara memindahkan kontak ke Gmail.

Dengan kata lain, cukup satu akun Gmail, Anda bisa mencadangkan kontak ke penyimpanan milik Google. Kemudian, data yang dicadangkan bisa dipulihkan kembali secara otomatis.

Dalam artikel kali ini, Katadata.co.id sudah merangkum pembahasan mengenai cara memindahkan kontak ke Gmail. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Cara Memindahkan Kontak ke Gmail via Google Drive

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, keberadaan nomor ponsel tetap punya peran penting. Sebab, nomor tersebut tidak hanya digunakan untuk keperluan komunikasi saja. Lebih dari itu, nomor ponsel bisa dipakai sebagai syarat mendaftar akun media sosial, akun email, dan masih banyak lagi.

Dari alasan tersebut, tidak mengherankan kalau setiap orang masih sering menyimpan nomor telepon teman, kerabat, keluarga, sampai pasangannya ke dalam daftar kontak. 

Untuk menjaga agar daftar kontak ini tetap aman dan tidak hilang, sebaiknya data kontak tersebut di-backup. Caranya dengan mencadangkan atau menyimpannya ke sistem penyimpanan digital.

Apabila Anda pengguna smartphone android, tentunya Anda sudah tidak asing lagi Google Drive. Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan gratis milik Google. 

Cukup dengan login dengan akun Gmail, Anda bisa menggunakan Google Drive untuk mencadangkan sejumlah nomor telepon penting pada daftar kontak di ponsel Anda.

Untuk lebih jelasnya, simak tutorialnya di bawah ini:

  • Pertama buka layar kunci ponsel Anda.
  • Kemudian masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Cari menu System.
  • Setelah itu ketuk opsi Cadangan.
  • Selanjutnya Anda tinggal ketuk Aktifkan, supaya proses pencadangan bisa dilakukan secara otomatis.

Data yang sudah dicadangkan dapat dipulihkan. Hal ini bisa menjadi opsi terbaik sebagai cara memindahkan kontak ke Gmail.

2. Cara Memindahkan Kontak ke Gmail via Google Kontak

Selain metode tersebut, masih ada lagi cara memindahkan kontak ke Gmail yang mudah yaitu melalui Google Kontak. Dengan aplikasi ini Anda bisa menyimpan nama, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

Advertisement

Jadi saat masuk ke akun Gmail, Anda bisa menyinkronkan data tersebut ke semua perangkat berbasis android.

Dikutip dari Support Google, berikut cara memindahkan kontak ke Gmail via Google Kontak:

Unduh Google Kontak di Play Store

Langkah pertama untuk cara memindahkan kontak ke Gmail melalui Google Kontak adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Saat ini aplikasi Google Kontak sudah tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis dengan ukuran aplikasi yang relatif kecil. 

Masuk dengan Akun Gmail/Google

Setelah proses unduh dan instal selesai, Anda secara otomatis akan login ke Google Kontak menggunakan akun Gmail. 

Kalau akun gmail Anda lebih dari satu, Anda bisa ketuk foto profil akun di kanan atas layar ponsel Anda. Kemudian pilih akun Gmail yang ingin Anda pakai untuk memindahkan kontak.

Ketuk Menu Perbaiki & Kelola

Setelah Anda sudah memilih akun Gmail yang ingin dipakai, langkah berikutnya adalah pilih menu "Perbaiki & Kelola". Letaknya di bagian kanan bawah layar ponsel Anda. 

Di dalam menu ini, Anda akan menemukan beberapa  fitur yang bisa digunakan. Fitur ini terdiri dari "Gabungkan & Optimalkan", "Memulihkan Kontak", "Ekspor ke File", "Setelan", sampai "Impor dari SIM".

Pilih Impor dari SIM atau Impor dari File

Langkah terakhir untuk cara memindahkan kontak ke Gmail melalui aplikasi ini, Anda hanya perlu memilih fitur Impor dari SIM atau Impor dari File.

Adapun cara untuk menggunakan kedua fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Di Google Kontak pilih menu Perbaiki & Kelola.
  • Setelah itu ketuk fitur Impor dari SIM.
  • Jika sudah, nantinya akan muncul halaman baru.
  • Di halaman tersebut pastikan Anda sudah memilih akun Gmail yang ingin dipakai.
  • Kemudian Anda bisa ketuk tombol Impor sebagai cara memindahkan kontak ke Gmail.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya sampai proses pemindahan selesai.
  • Sedangkan untuk fitur impor dari file, Anda bisa memindahkan file kontak dengan format .VCF ke Gmail.
  • Nantinya, file tersebut akan secara otomatis tersimpan pada data Google Kontak

Itulah sejumlah cara memindahkan kontak ke Gmail yang mudah dan cepat.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait