Cara Memindahkan Kontak ke Gmail Paling Mudah

Image title
23 Agustus 2022, 22:44
cara memindahkan kontak ke gmail
unspalsh.com
Gmail

Tahukah Anda kalau saat ini ada cara memindahkan kontak ke Gmail, yang bisa dilakukan dengan mudah. Metode tersebut sangat berguna agar daftar kontak telepon milik Anda tetap aman.

Pada umumnya akun Gmail pada ponsel berbasis android, memungkinkan penggunanya mengakses serta menggunakan berbagai layanan yang berasal dari Google. Termasuk di dalamnya yaitu cara memindahkan kontak ke Gmail.

Advertisement

Dengan kata lain, cukup satu akun Gmail, Anda bisa mencadangkan kontak ke penyimpanan milik Google. Kemudian, data yang dicadangkan bisa dipulihkan kembali secara otomatis.

Dalam artikel kali ini, Katadata.co.id sudah merangkum pembahasan mengenai cara memindahkan kontak ke Gmail. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Cara Memindahkan Kontak ke Gmail via Google Drive

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, keberadaan nomor ponsel tetap punya peran penting. Sebab, nomor tersebut tidak hanya digunakan untuk keperluan komunikasi saja. Lebih dari itu, nomor ponsel bisa dipakai sebagai syarat mendaftar akun media sosial, akun email, dan masih banyak lagi.

Dari alasan tersebut, tidak mengherankan kalau setiap orang masih sering menyimpan nomor telepon teman, kerabat, keluarga, sampai pasangannya ke dalam daftar kontak. 

Untuk menjaga agar daftar kontak ini tetap aman dan tidak hilang, sebaiknya data kontak tersebut di-backup. Caranya dengan mencadangkan atau menyimpannya ke sistem penyimpanan digital.

Apabila Anda pengguna smartphone android, tentunya Anda sudah tidak asing lagi Google Drive. Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan gratis milik Google. 

Cukup dengan login dengan akun Gmail, Anda bisa menggunakan Google Drive untuk mencadangkan sejumlah nomor telepon penting pada daftar kontak di ponsel Anda.

Untuk lebih jelasnya, simak tutorialnya di bawah ini:

  • Pertama buka layar kunci ponsel Anda.
  • Kemudian masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Cari menu System.
  • Setelah itu ketuk opsi Cadangan.
  • Selanjutnya Anda tinggal ketuk Aktifkan, supaya proses pencadangan bisa dilakukan secara otomatis.

Data yang sudah dicadangkan dapat dipulihkan. Hal ini bisa menjadi opsi terbaik sebagai cara memindahkan kontak ke Gmail.

2. Cara Memindahkan Kontak ke Gmail via Google Kontak

Selain metode tersebut, masih ada lagi cara memindahkan kontak ke Gmail yang mudah yaitu melalui Google Kontak. Dengan aplikasi ini Anda bisa menyimpan nama, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement