Cara Termudah Membuat Google Docs dari Komputer dan Handphone

Image title
2 September 2022, 22:12
Ilustrasi cara membuat Google Docs
Pexels.com
Ilustrasi cara membuat Google Docs

Aplikasi atau software pengolah kata saat ini sudah banyak jumlahnya. Selain Microsoft Word, Anda bisa memanfaatkan cara membuat Google Docs untuk mengerjakan dokumen penting seperti tugas kuliah, laporan, dan sebagainya.

Google Docs sendiri merupakan aplikasi pengolah kata yang diciptakan dan dikembangkan oleh Google. Menariknya, Anda tidak perlu memasang aplikasi tersebut di komputer atau laptop, sebab ada cara membuat Google Docs melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya.

Advertisement

Sedangkan untuk pada smartphone, Anda bisa mengunduh aplikasi Dokumen di Play Store atau Apple App Store, untuk bisa mengakses dan membuat Google Docs dengan mudah. Untuk membantu Anda mempelajari cara membuat Google Docs, berikut rangkumannya.

Sekilas Tentang Google Docs

Google Docs adalah aplikasi pengolah kata yang dibagikan secara gratis oleh Google. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat dokumen di manapun dan membagikannya kapanpun yang Anda mau.

Hadirnya Google Docs akan mempermudah pekerjaan Anda, sebab aplikasi ini dapat menyimpan secara otomatis dokumen yang Anda buat. Selain bisa digunakan secara online maupun offline, aplikasi Google Docs memiliki tampilan yang simpel.

Tersedia juga berbagai macam fitur yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Sebagai contoh, Google Docs memiliki fitur untuk mengoreksi ejaan yang cukup akurat. Fitur ini memungkinkan Anda terhindar dari typo maupun penggunaan kosa kata tidak sesuai.

Bukan hanya itu saja, cara membuat Google Docs sangat mudah layaknya Anda menggunakan Microsoft Word. Bisa dibilang, Google Docs adalah versi simpel aplikasi tersebut. Google Docs memiliki hampir semua tools yang Anda butuhkan untuk membuat dokumen dalam waktu singkat dan cepat. Alhasil, jika Anda membutuhkan aplikasi pengolah kata yang mudah digunakan, maka Google Docs adalah pilihannya.

Cara Membuat Google Docs Tanpa Aplikasi

Google Docs bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis dokumen seperti laporan, surat lamaran kerja, dan masih banyak lagi. Cara membuat Google Docs juga terbilang mudah. Bahkan, Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan software tersebut.

Cara membuat Google Docs yang mudah adalah Anda bisa mengaksesnya di laman docs.google.com. Website tersebut bisa diakses oleh Anda melalui laptop atau komputer. Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat Google Docs berikut ini:

  • Langkah pertama, buka aplikasi peramban atau browser di laptop Anda. Misalnya Google Chrome dan Mozilla.
  • Setelah itu, Anda bisa mengakses situs docs.google.com.
  • Untuk menggunakan Google Docs, Anda kemudian akan diminta login menggunakan akun Google.
  • Caranya Anda bisa memilih akun Google yang ingin digunakan.
  • Jika sudah, maka Anda dapat menggunakan Google Docs untuk membuat dokumen.

Cara Membuat Google Docs di Hp

Untuk perangkat lain seperti handphone (hp), cara membuat Google Docs bisa Anda lakukan dengan mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Secara keseluruhan, untuk versi mobile cara membuat Google Docs juga sangat mudah. Apalagi aplikasi tersebut masih memiliki desain tampilan antar muka yang simpel dan gampang dimengerti.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement