Wentira, Cerita Kota Gaib Berlapis Emas

Tifani
Oleh Tifani
8 September 2022, 12:42
wentira
Katadata
Ilustrasi Hutan Wentira Sulawesi Tengah

Wentira merupakan salah satu kisah kota gaib berlapis emas yang berkembang di Indonesia. Bagi masyarakat Sulawesi Tengah, nama Wentira sudah akrab di telinga, meski menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Nama Wentira berasal dari kata Ngata Uwentira, yang berarti kota tidak kasat mata atau tidak terlihat.

Sementara itu, Suku Toraja Kuno menyebutnya To Wae Ntira. Menurut beberapa cerita, saat masuk dalam dunia Wentira Anda akan berada dalam hutan lebat di pegunungan yang terletak antara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

Kehadiran kota gaib tersebut kabarnya berkaitan dengan pemerintahan kolonial Belanda, di mana keberadaannya ditandai adanya jembatan buatan Belanda. Jembatan tersebut menjadi proyek besar jalan di bagian leher Pulau Sulawesi, atau yang kini disebut Jalan Trans Sulawesi. Proyek pembangunan jembatan Wentira dikomandoi oleh Jusuf Radja Tiangso.

Adapun pengerjaan jembatan diresmikan oleh A.C.D de Graeff selaku Gubernur Jenderal Hindia Belanda, pada 19 September 1927. Hal itu diketahui berdasarkan catatan dokumen Onder Afdeeling Paloe, yang menunjukkan jembatan kayu di Wentira dikerjakan oleh pekerja Tionghoa pada 1933. 

Tidak ada karya ilmiah maupun sumber terverifikasi lainnya yang dapat menceritakan mengenai Wentira ini. Namun jika ditelusuri dalam peta, Wentira sebenarnya hanya daerah berhutan lebat. Daerah ini dikelilingi pohon-pohon raksasa yang tumbuh di pinggir jalan, dengan batang putih, berbentuk besar, cenderung lurus dan menjulang sangat tinggi.

Cerita mengenai keberadaan Kota Wentira hanya berkembang dari generasi ke generasi. Hingga konon tidak ada satu pun warga yang berani memotong pohon tersebut. Di antara kesenyapan hutan, terdapat jembatan yang tidak seberapa panjang. Persis setelah jembatan berikut jurang dan ngarai tajam disitulah dipercaya sebagai pusat Kota Wentira.

Warna kuning diidentikan sebagai warna emas sesuai dengan Istana Jin di kota Wentira. Seperti hal namanya, tempat ini merupakan kota gaib, lantaran tidak semua orang bisa melihatnya bahkan mengunjunginya. Hanya orang-orang yang diberikan "kemampuan lebih" yang mampu menembus kota ini atau beberapa sedang sial seperti tersesat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...