6 Rekomendasi Kafe Buku di Jogja untuk Bersantai

Tifani
Oleh Tifani
8 September 2022, 15:02
kafe buku
Katadata
Ilustrasi Kafe Buku di Yogyakarta

Kafe buku atau book cafe menjadi salah satu tempat yang patut dikunjungi di Yogyakarta, terutama bagi para pecinta buku. Pasalnya di Jogja banyak kafe buku yang dapat menjadi tempat nongkrong bersama teman atau sekedar menghabiskan waktu sendiri. Para pengunjung juga dapat menikmati kopi sambil membaca buku  atau bahkan belajar di tempat-tempat ini.

Berikut Rekomendasi kafe buku yang patut dikunjungi di Yogyakarta.

Advertisement

1. Dongeng Kopi

Kedai kopi yang merangkap taman baca sekaligus ruang komunitas ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Interiornya klasik, dihiasi beberapa ornamen unik khas Jawa. Dengan konsep semi outdoor yang nyaman dan syahdu, Dongeng Kopi menyajikan buku dan berbagi pengetahuan untuk dinikmati bersama hangat kopi.

Meski cukup jauh dari pusat kota, aksesnya cukup mudah dengan pelayanan ramah serta berbagai pilihan kopi nusantara. Menariknya, setiap pengunjung akan diberikan semacam buku harian sebagai kenang-kenangan.

Aneka menu di tempat ini dibanderol mulai dari Rp 6 ribu hingga Rp 35 ribu. Dongeng Kopi berada di Jalan Grogolan, Puntuk II, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kafe buku ini beroperasi setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB.

2. Sintesis Coffee

Kafe buku satu ini dilengkapi perpustakaan dengan lebih dari 600 koleksi buku dari berbagai genre. Suasananya juga nyaman dan bikin betah, cocok untuk bersantai sambil membaca dan menikmati pilihan menu signature dari Sintesis Coffee. Bagi para pengunjung yang ingin mencari suasana tenang dan kondusif atau ingin lebih produktif, dapat duduk di lantai kedua.

Sintesis Coffee juga memiliki menu yang beragam dengan banyak pilihan menu non kopi. Seperti butterbeer, minuman khas film Harry Potter dapat ditemukan ditempat ini. Aneka menu kanan dan minuman di kafe ini dibanderol mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 29 ribu.

Sintesis Coffee berada di Jalan Kaliurang Km 5 no. 21A, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sintesis Coffee buka setiap hari, mulai 9 pagi, hingga 9 malam.

3. Erha Kopi

Erha Coffee & Literacy menghadirkan konsep ruang diskusi, ruang belajar, ruang kerja, dan ruang apresiasi karya secara sekaligus, semuanya di dalam satu kedai kopi. Tempatnya nyaman dan tidak terlalu ramai, cocok bagi pengunjung yang ingin mencari suasana tenang. Interiornya minimalis dan menarik dengan banyak kursi dan meja sehingga ideal untuk bekerja, belajar, ataupun sekedar nongkrong bersama banyak teman.

Di area belakang kafe buku ini juga terdapat area outdoor dengan pepohonan dan tanaman yang menambah sejuk suasana. Erha Coffee buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 24.00. Tempat ini berada di Gorongan, Jl. Wahid Hasyim, Ngropoh, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. The Lucky Boomerang Bookshop

The Lucky Boomerang Bookshop menyediakan buku-buku impor bekas dengan harga terjangkau. Tidak hanya menjual buku impor berbahasa Inggris, toko ini juga menjual buku impor dengan bahasa asing lainnya. The Lucky Boomerang Bookshop menjual berbagai jenis kartu pos lama dan beberapa hasil kerajinan khas Yogyakarta.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement