7 Klub Sepak Bola Termahal di Dunia 2022, Real Madrid Posisi Pertama

Image title
9 September 2022, 06:30
klub sepak bola termahal di dunia 2022
ANTARA FOTO/REUTERS/Lee Smith/HP/dj
Lee Smith Pemain Real Madrid Karim Benzema berselebrasi dengan piala kemenangan dengan rekan setim usai menjuarai Liga Champions mengalahkan Liverpool 1-0 di Stade de France, Saint-Denis dekat Paris, Pranics, Sabtu (28/5/2022).

Sepak bola tidak hanya sekedar olahraga semata. Saat ini, sepak bola sudah menjelma jadi industri yang menghasilkan beberapa klub sepak bola termahal di dunia 2022.

Deretan klub sepak bola termahal 2022 ini rata-rata berasal dari liga top Eropa. Selain punya segudang prestasi yang membanggakan, beberapa tim yang ada di daftar ini banyak dihuni oleh pemain bintang.

Advertisement

Beberapa waktu lalu Forbes menempatkan Real Madrid sebagai klub bola termahal di dunia 2022. Hasil ini cukup mengejutkan, mengingat pada tahun lalu posisi teratas ditempati Barcelona.

Ada banyak faktor mengapa posisi Barcelona sebagai klub sepak bola termahal di dunia turun menjadi peringkat ke-2. Menurut beberapa sumber, krisis finansial yang kini tengah menerpa tim asal Spanyol ini adalah penyebab utamanya.

Apa saja tim yang masuk ke dalam daftar klub sepak bola termahal di dunia 2022? Melansir dari Forbes dan sumber lainnya, berikut urutannya:

Daftar Klub Sepak Bola Termahal Dunia 2022

Sejak tahun 2020, banyak sekali tim sepak bola yang mengalami kerugian secara finansial akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, seiring berjalannya waktu kondisi keuangan klub-klub tersebut perlahan pulih dan bisa mendatangkan keuntungan besar.

Sebuah tim besar yang berkompetisi di liga terbaik di dunia biasanya memiliki beberapa sumber pendapatan. Entah itu berasal dari suntikan dana pemiliknya, sponsor, hadiah usai memenangi sebuah kompetisi, hingga keberhasilan dalam melakukan jual-beli pemain ke klub lain.

Semua itu menjadi sebuah ekosistem yang sudah terbentuk. Apabila sebuah tim memiliki manajemen dan pengelolaan yang baik, maka tidak mengherankan mereka bisa masuk ke dalam daftar klub sepak bola termahal 2022.

Berbicara mengenai klub sepak bola termahal di dunia saat ini, pecinta bola di tanah air harus tahu apakah tim kesayangannya masuk dalam daftar di bawah ini atau tidak. Untuk mengetahuinya, simak ulasan tentang 7 klub sepak bola termahal 2022 berikut ini

1. Real Madrid

Menurut Sport Brief, Real Madrid adalah klub sepak bola terkaya di dunia di tahun 2022. Setelah menjuarai Liga Champions musim lalu, pundi-pundi kekayaan klub ini semakin meningkat.

Sebenarnya, dalam beberapa tahun terakhir Real Madrid selalu berada di urutan 5 besar dalam daftar klub sepak bola termahal di dunia. Misalkan pada tahun 2019 lalu, klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut menempati posisi pertama.

Akan tetapi, di musim berikutnya atau tepatnya pada tahun 2021 Real Madrid harus turun dan digantikan Barcelona yang menempati posisi ke-1 sebagai klub bola termahal di dunia.

Berkat pencapaian dan prestasi yang ditorehkan oleh anak asuh Marco Ancelotti ini, valuasi Real Madrid mengalami peningkatan sampai 7 %. Nilai valuasi klub tersebut semula hanya US$ 4,75 miliar, kini naik menjadi US$ 5,1 miliar. 

Sekarang Real Madrid sudah dinobatkan oleh Forbes sebagai klub sepak bola termahal di dunia 2022, dengan pendapatan operasionalnya mencapai US$ 90 juta.

2. Barcelona

Meski sedang mengalami krisis finansial, namun ada fakta yang tidak bisa dikesampingkan. Nyatanya, Barcelona adalah salah satu klub sepak bola terkaya di dunia saat ini.

Menurut Forbes, nilai valuasi Barcelona sebenarnya sama dengan Real Madrid yakni sebesar US$ 5,1 miliar. Hanya saja pertumbuhan valuasi tim yang diperkuat oleh striker tajam Robert Lewandowski ini selama satu tahun hanya sekedar 5 %.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement