Review Buku Atomic Habits, Panduan Ubah Hidup dengan Kebiasaan Kecil

Destiara Anggita Putri
19 September 2022, 12:51
review buku Atomic Habits
Unsplash
 
 
Mengetahui review buku Atomic Habits dapat meyakinkan Anda bahwa buku satu ini layak untuk dimiliki. Buku self-development atau pengembangan diri tersebut, merupakan salah satu buku yang banyak dicari pembaca. Hal ini dikarenakan, buku self-development banyak berisikan tips atau panduan yang dapat membantu para pembacanya untuk mengubah hidup mereka.
Di antara banyak buku self-development yang beredar, Atomic Habits menjadi buku yang paling dicari oleh pembaca beberapa tahun belakangan ini.

Buku Atomic Habits karya James Clear merupakan buku motivasi yang berisikan cara mengubah hidup melalui kebiasaan-kebiasaan kecil. Tidak hanya itu, buku ini juga berisikan teori-teori ilmiah serta kumpulan kisah inspiratif dari tokoh-tokoh sukses di dunia.

Terbit pada 2018, buku ini berhasil meraih rekor penjualan terbaik versi New York Times dan telah terjual lebih dari 5 juta eksemplar di seluruh dunia. Karena kesuksesannya,  buu yang pertama kali terbit dalam Bahasa Inggris ini pun telah diterjemahkan ke 50 bahasa berbeda termasuk Bahasa Indonesia.

Advertisement

Jika Anda tengah membutuhkan motivasi atau ingin mengubah hidup, maka buku ini merupakan rekomendasi yang tepat bagi Anda. Berikut ini review buku Atomic Habits yang bisa Anda baca untuk dijadikan bahan pertimbangan. 

Review Buku Atomic Habits Karya James Clear

Buku ini berisikan panduan cara mengubah hidup melalui kebiasaan-kebiasan yang terlihat remeh namun bila dilakukan setiap hari akan berdampak luar biasa bagi kehidupan pembaca. Kebiasaan-kebiasaan yang dimaksud adalah seperti bangun lebih cepat 5 menit atau olahraga pagi yang sejatinya merupakan kebiasaan baik dan  dapat membantu menghentikan kebiasaan buruk. Kebiasaan- kebiasaan inilah yang disebut sebagai atomic habits atau kebiasaan atom.

Dalam buku in, James Clear menjelaskan mengapa seseorang sulit mengubah kebiasaan mereka. Hal ini dikarenakan bukan seseorang itu tidak ingin berubah, melainkan karena seseorang itu menerapkan sistem perubahan yang salah. 

Oleh karena itu, buku ini memberikan panduan cara mengubah kebiasaan hidup melalui sistem perubahan yang dilakukan dengan  benar. Bila sistem ini rutin dilakukan, maka individu tersebut dapat mencapai ke tingkat produktivitas yang baru.

Buku Atomic Habits banyak berisikan kutipan-kutipan motivasi. Namun, bukan berarti kutipan kutipan motivasi tersebut hanya didasari dari rangkaian kata penyemangat melainkan juga didasari oleh  teori-teori ilmiah. Walaupun demikian, James Clear mampu menuliskannya dengan baik sehingga topik kompleks yang ada di buku nya dapat mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca.

Tidak hanya berisi motivasi dan panduan saja, berdasarkan review buku Atomic Habits dilengkapi beberapa kisah inspiratif dan menghibur dari para tokoh dunia seperti para peraih emas  olimpiade, CEO perusahaan besar, seniman, ilmuwan, dll. Adanya variasi dalam buku ini tentu akan membuat para pembaca lebih betah untuk berlama-lama membaca buku ini hingga selesai.

Mengubah kebiasan buruk jelas membutuhkan proses yang panjang. Banyak tantangan dan kendala yang harus dilalui untuk bisa  menghapus kebiasaan buruk dan membentuk kebiasaan yang baik. Bila Anda menghadapi hal yang sama, maka buku Atomic Habits merupakan salah satu solusi yang tepat bagi Anda. Banyak panduan dan informasi yang sangat berguna untuk membuat  hidup Anda lebih bermakna dan positif

Kutipan Buku Atomic Habits Karya James Clear

Dalam review buku Atomic Habits ditekankan bahwa buku ini termasuk self-development yang berisikan panduan untuk membantu para pembacanya mengubah hidup mereka melalui kebiasaan-kebiasaan kecil. Tidak hanya panduan, buku ini juga berisi kutipan-kutipan penuh motivasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa diantaranya.

"Kita tidak berubah dalam sekejap mata dan langsung menjadi orang yang sama sekali baru. Kita berubah sedikit demi sedikit, hari demi hari, kebiasaan demi kebiasaan. Kita terus-menerus mengalami evolusi mikro diri." (Halaman 45)

"Salah satu cara terbaik untuk membangun kebiasaan baru adalah dengan mengidentifikasi kebiasaan yang sudah ada setiap hari lalu memupuknya dengan kebiasaan baru Anda." (Halaman 785)

"Semakin Anda menguasai suatu keterampilan khusus, semakin sulit bagi orang lain untuk bersaing dengan Anda." (Halaman  258)

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement