4 Cara Cek Serial Number Laptop Semua Merek

Dwi Latifatul Fajri
23 September 2022, 16:13
Cara Cek Serial Number Laptop
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi cara cek serial number di laptop

Setiap laptop memiliki serial number untuk berbagai kebutuhan. Di mana, pemilik perangkat satu ini perlu mengetahui cara cek serial number laptop. Serial number adalah nomor seri berupa kombinasi angka dan huruf. Nomor seri ini dibutuhkan untuk mengecek jenis garansi, keaslian produk, dan servis.

Penempatan nomor seri ditentukan oleh masing-masing produk. Beberapa produk hanya memberikan nomor seri angka saja. Ada juga serial number yang memadukan huruf dan angka. Penempatan nomor seri bisa dicek melalui perangkat keras atau lunak.

Advertisement

Pada perangkat keras, nomor seri bisa ditemukan dibawah perangkat laptop. Sedangkan komputer ditempatkan di bagian belakang monitor. Penempatan nomor seri perangkat lunak bisa dicek melalui website resmi produsen. Biasanya nomor seri juga disertakan di kotak CD atau DVD software.

Cara Cek Serial Number Laptop

1. Stiker Bawaan Laptop

Cara pertama melihat serial number laptop melalui stiker. Biasanya serial number tertera di stiker yang tertempel di alas laptop. Selain serial number, terdapat informasi tertentu seperti tipe, spesifikasi, nomor model. Pengguna bisa menemukan serial number yang posisinya dekat ventilasi atau baterai laptop.

2. BIOS Laptop

Cara cek serial number laptop selanjutnya, menggunakan BIOS yang menyediakan informasi serial number di laptop. Fungsi utama BIOS untuk mengatur berbagai fungsi di laptop. Selain itu, pengguna bisa melihat informasi serial number hardware.

Cara cek serial number laptop di BIOS yaitu:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement