Urutan Nonton Film Divergent, Perlawanan Terhadap Otoritarianisme

Image title
26 September 2022, 05:51
Ilustrasi, postern fil Insurgent (2015), urutan nonton film Divergent kedua
imdb.com
Ilustrasi, postern fil Insurgent (2015), urutan nonton film Divergent kedua

Serial film Divergent diadaptasi dari trilogi buku berjudul sama karya penulis Veronica Roth. Buku pertama berjudul Divergent dirilis pada 2011, kemudian buku terakhir dirilis pada 2013 dengan judul Allegiant.

Setelah semua buku dirilis, perusahaan produksi Red Wagon Entertainment dan Summit Entertainment mengadaptasi ketiga buku menjadi tiga film, yaitu Divergent, Insurgent, dan Allegiant. Ketiga film ini dirilis dalam rentang waktu 2014 hingga 2016.

Advertisement

Dalam film, cerita berfokus pada tokoh utama, Beatrice Prior alias Tris, dan kekasihnya, Tobias Eaton alias Four. Mereka hidup di dunia futuristik yang dicengkeram oleh rezim otoriter yang ingin membunuh mereka karena mereka berbeda.

Ketiga film mengikuti kisah Tris dan Four serta karakter lain dalam perjuangan melawan otoritarianisme. Agar memahami cerita secara runtut, berikut urutan nonton film Divergent dari awal hingga akhir.

1. Divergent (2014)

Urutan nonton film Divergent yang pertama dimulai dengan film Divergent. Dikisahkan bahwa di Kota Chicago yang futuristik, para pendiri kota membagi masyarakat mereka menjadi lima faksi yang berbeda, yaitu Amity, Abnegation, Candor, Erudite, dan Dauntless.

Setiap kali seorang anak berusia 16 tahun, mereka harus memutuskan apakah mereka ingin tinggal bersama keluarga mereka dalam satu faksi atau memilih yang lain. Film ini menampilkan Beatrice Prior alias Tris sebagai tokoh utama. Ia kesulitan memutuskan faksi yang akan dipilih.

Ketika Tris mengambil tes bakat, dia menduga akan mendapatkan faksi asalnya, yaitu Abnegation. Menurut hasil, Beatrice cocok untuk Abnegation, tetapi juga Erudite dan Dauntless. Ini adalah kasus langka, yang dikenal sebagai Divergent, di mana satu orang cocok untuk lebih dari satu faksi.

Saat Hari Upacara Pemilihan tiba. Beatrice naik ke panggung dan kemudian memutuskan untuk bergabung dengan faksi Dauntless. Orang tuanya terkejut, sementara anggota Dauntless lainnya menyambutnya.

Beatrice tiba di faksi Dauntless dengan semua calon anggota lainnya. Mereka berlari liar, memanjat ke puncak rel kereta api, dan mengejar kereta saat berjalan. Para calon anggota diberi pakaian Dauntless serba hitam baru dan bersiap untuk memulai pelatihan untuk membuktikan bahwa mereka layak tinggal di Dauntless.

Saat ujian terakhir, Tris dan calon anggota lainnya diawasi oleh Jeanine dan anggota Erudite lainnya, serta anggota Dauntless. Tes ini dapat mengungkap bahwa Tris adalah Divergent, sehingga dapat membuatnya terbunuh. Untungnya, Tris sudah berlatih untuk menyembunyikan bakat Divergent miliknya.

Setelah ujian, Tris resmi menjadi anggota Dauntless. Dia dan anggota baru lainnya, termasuk Will dan Christina, diberi senjata saat mereka berbaris untuk sebuah misi. Ternyata, misi ini membawanya ke faksi lamanya, Abnegation, di mana ia diperintahkan membunuh orang-orang Abnegation.

Kekacauan terjadi sehingga ibunya Tris terbunuh. Kini, Tris memberontak melawan rezim otoriter yang dipimpin Jeanine. Film berakhir saat kereta membawa Tris dan kelompoknya keluar tembok kota menuju ke faksi Amity.

2. Insurgent (2015)

Insurgent merupakan urutan nonton film Divergent yang kedua. Masih bercerita tentang Tris, film Insurgent melanjutkan kisah Tris dan Four lima hari setelah serangan terhadap faksi Abnegation oleh Jeanine dan prajurit Dauntless. Kini, Jeanine mengumumkan keadaan darurat militer dan menyatakan bahwa Divergent adalah musuh.

Di antara reruntuhan markas Abnegation, pemimpin Dauntless, Max dan Eric, menemukan sebuah kotak dengan kelima simbol faksi di sisinya. Jeanine berasumsi bahwa katak tersebut berisi data penting dan hanya Divergent yang bisa membuka kotak, maka ia memerintahkan semua Divergent untuk ditangkap.

Sementara itu, Tris, Four, Caleb dan Peter bersembunyi di dalam markas Amity yang dipimpin oleh Johanna. Saat makan siang, Tris menyatakan ingin kembali ke markas Erudite dan membunuh Jeanine untuk mencegah lebih banyak kematian terjadi. Namun, Caleb berpendapat bahwa itu ide yang buruk.

Peter turut berkomentar dan membuat Tris marah kemudian menyerang Peter dengan pisau. Melihat hal tersebut, Johanna memanggil Tris ke kantornya dan mengatakan bahwa kehadirannya di Amity harusnya membawa perdamaian, apabila mereka terus berulah, mereka akan diusir.

Tiba-tiba, sebuah tim yang dipimpin Max dan Eric datang menerobos gerbang Amity untuk memburu Divergent. Tris, Four, dan Caleb bersembunyi di kantor, tetapi Peter membocorkan lokasi mereka sehingga mereka harus kabur. Ketiganya menghindari tentara dan berhasil naik kereta menuju ke wilayah Factionless.

Four mengungkapkan kepada Factionless bahwa nama aslinya adalah Tobias Eaton, putra dari pemimpin Factionless yaitu Evelyn. Di tempat persembunyian Factionless, Evelyn menyarankan agar Dauntless dan Factionless bersatu melawan Erudite, tetapi Four menolak.

Keesokan paginya, Tris, Four, dan Caleb berangkat ke markas Candor untuk bertemu dengan anggota faksi Dauntless yang tersisa dan mengungsi di sana, termasuk Tori dan sahabat Tris, Christina. Selama perjalanan, Caleb merasa putus asa dan berpisah dari grup.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement