Pengertian Mobilitas Sosial, Jenis dan Faktor Penghambatnya

Image title
30 September 2022, 05:53
Ilustrasi, mobilitas sosial
Pexels/mike-chai
Ilustrasi, mobilitas sosial

Mobilitas sosial merupakan salah satu materi yang dibahas dalam mata pelajaran sosiologi. Secara garis besar, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke dalam lapisan yang lain.

Pengertian mobilitas sosial dapat diartikan secara berbeda-beda. Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

Berikut pengertian mobilitas sosial menurut para ahli.

  • Menurut Horton dan Hunt (1992), mobilitas sosial adalah tindakan berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.
  • Haditono (1991) menyatakan bahwa mobilitas sosial adalah perpindahan seseorang atau kelompok dari kedudukan yang satu kedudukan yang lain tetapi sejajar.
  • Henry Clay Smith (1968) mengatakan, mobilitas sosial adalah gerakan dalam struktur sosial yakni gerakan antarindividu dengan kelompoknya.
  • Kimball Young dan Raymond W. Mack menyatakan mobilitas adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial mencakup sifat hubungan antara individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dengan kelompoknya.
  • Komblum (1988) menyatakan mobilitas sosial adalah perpindahan individu, keluarga atau kelompok sosial dari lapisan ke lapisan sosial lainnya. Dalam perpindahan yang dilakukan dapat mempengaruhi status sosial yang dimiliki yaitu bisa naik atau turun, atau bahkan tetap pada tingkat yang sama tetapi dalam pekerjaan yang berbeda.
  • Menurut Soerjono (2000), mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Setiap kedudukan yang ada di dalam masyarakat mempunyai sejumlah peranan yang berisi tentang hak-hak maupun kewajiban yang harus dilakukan seseorang berkaitan dengan kedudukannya.
  • Lipset dan Bendix mengemukakan bahwa mobilitas sosial merujuk pada proses dimana para individu berpindah dari satu posisi ke posisi lain dalam masyarakat. Posisi tersebut telah diberikan nilai hirarkis tertentu secara khusus berdasarkan kesepakatan dalam masyarakat. Proses perpindahan individu-individu tersebut terjadi dari posisi rendah ke posisi yang lebih tinggi, ataupun sebaliknya.

Jenis-Jenis Mobilitas Sosial

Mengutip buku Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat oleh Janu Murdiyatmoko, berikut jenis-jenis mobilitas sosial.

1. Mobilitas Vertikal

Mobilitas vertikal adalah perpindahan posisi dari satu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang tidak sederajat. Mobilitas vertikal dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Mobilitas vertikal naik, yaitu masuknya individu-individu yang mempunyai kedudukan rendah ke dalam kedudukan yang lebih tinggi. Misalnya, seorang staf yang diangkat menjadi manajer perusahaan. Mobilitas vertikal naik juga dapat diartikan sebagai pembentukan kelompok baru. Contohnya, melalui rapat anggota dibentuk suatu dewan pengurus.
  • Mobilitas vertikal turun, yaitu turunnya kedudukan individu dari kedudukan yang lebih tinggi ke kedudukan yang lebih rendah derajatnya. Misalnya, seorang direktur yang dipecat dari jabatannya. Mobilitas turun juga dapat diartikan sebagai turunnya derajat kelompok individu-individu yang berupa disintegrasi. Contohnya, jatuhnya kekuasaan rezim Soeharto mengakibatkan kroni-kroninya ikut turun.

2. Mobilitas Horizontal

Mobilitas horizontal adalah perpindahan posisi dari satu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Contoh mobilitas sosial horizontal yaitu:

  • Adam berganti kewarganegaraan dari Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi warga negara Jepang.
  • Rosa pindah bekerja ke perusahaan lain yang memberi gaji dengan jumlah sama dengan pekerjaannya yang dahulu.

3. Mobilitas Intragenerasi

Mobilitas intragenerasi merupakan mobilitas vertikal dalam generasi itu sendiri. Artinya, mobilitas intragenerasi terjadi dalam diri seseorang. Ada dua contoh mobilitas intragenerasi, yaitu:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...