5 Manfaat Micin untuk Tanaman Padi Tumbuh Sehat

Image title
3 Oktober 2022, 23:18
Ilustrasi manfaat micin untuk tanaman padi.
ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww.
Petani memupuk tanaman padi di area persawahan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/7/2022). Pemerintah memfokuskan pemberian subsidi pupuk pada 2023 untuk dua jenis pupuk yakni urea dan NPK dari sebelumnya enam jenis pupuk yang yang mendapatkan subsidi.

Micin umumnya dipakai sebagai penyedap masakan. Akan tetapi, tahukah Anda kalau bahan yang mengandung senyawa Monosodium Glutamat (MSG) ini bermanfaat untuk tanaman padi?

Di internet banyak sekali artikel yang membahas manfaat micin untuk tanaman padi. Benar tidaknya anggapan tersebut, tentunya harus dibuktikan secara ilmiah.

Beruntungnya, sejumlah studi telah dilakukan guna meneliti manfaat micin untuk tanaman. Salah satu di antaranya yakni penelitian yang diterbitkan dalam GADING Journal of Science and Technology Vol 3 No (1) pada 2020.

Kesimpulan penelitian tersebut menyatakan, MSG murni yang terkandung pada produk Ajinomoto memberikan dampak cukup signifikan terhadap pertumbuhan terong. Atas dasar tersebut, micin dapat dipakai sebagai pupuk alternatif untuk mengurangi penggunaan pupuk berbahan kimia.

Meski demikian, lalu bagaimana dengan manfaat micin untuk tanaman padi? Untuk mencari tahu jawabannya, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Manfaat Micin untuk Tanaman Padi

Ilustrasi Micin atau MSG
Ilustrasi Micin atau MSG (unspalsh.com)

 

Padi adalah tanaman pangan terpenting di Indonesia. Produksinya tiap tahunnya harus ditingkatkan agar ketahanan pangan masyarakat bisa terjaga.

Untuk meningkatkan produksi padi dibutuhkan pola dan strategi tanam yang efektif. Misalnya penggunaan pupuk berbahan organik yang kemungkinan kecilnya tidak terlalu berdampak buruk bagi tanah sawah.

Pupuk organik dapat diperoleh dengan membelinya secara langsung di kios pupuk resmi. Akan tetapi, kebanyakan pupuk jenis ini bukan merupakan pupuk bersubsidi sehingga harganya relatif mahal.

Solusi alternatif yang bisa dicoba yaitu dengan membuatnya sendiri. Bagi penghobi tanaman hias, membuat pupuk organik memakai sejumlah bahan seperti micin misalnya kerap dilakukan. Sebab, kandungan didalamnya berguna untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan tanaman.

Mengutip laman resmi Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, kandungan yang ada di dalam micin berguna untuk meningkatkan unsur hara dan kesuburan tanah. Zat ini dianggap efektif menambah natrium (Na) serta kalium (K), sehingga proses pertumbuhan tanaman jadi lebih baik.

Merujuk pada jurnal yang dipublikasikan di laman Conference.unsri.ac.id dan sumber lainnya, berikut ini merupakan beberapa manfaat micin untuk tanaman padi yang jarang diketahui:

1. Menambah Unsur Hara di Dalam Tanah

Menurut Sariagri.id, kandungan zat glutamat yang menjadi bahan baku pembuatan micin sangat berguna untuk perkembangan tanaman. Unsur asam amino alami tersebut dinilai dapat mempercepat pertumbuhan batang daun dan bunga.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...