10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bergizi Tinggi

Image title
4 Oktober 2022, 17:11
Ilustrasi jenis jamur yang bisa dimakan.
ANTARA FOTO/ M. Ibnu Chazar/foc.
Anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Bina Usaha Mandiri memanen jamur merang di salah satu kumbung budi daya jamur di Desa Gempol Kolot, Banyusari, Karawang, Jawa Barat, Minggu (20/12/20). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan penguatan terhadap keberadaan BUMDes dengan meningkatkan kapasitas kelembagaan dan bisnis, memperluas akses keuangan serta mendorong digitalisasi melalui program Optimalisasi BUMDes Center.

Jenis jamur yang bisa dimakan jumlahnya sangat banyak. Secara umum, jamur seperti ini memiliki nilai nutrisi cukup baik dengan kandungan protein yang tinggi

Berdasarkan manfaatnya, jamur dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu jenis jamur yang bisa dimakan, jamur untuk pengobatan dan jamur beracun. Jamur layak konsumsi biasanya rendah lemak serta mengandung kalori.

Pemanfaatan jamur sebagai bahan pangan sudah sangat lazim di Indonesia. Di beberapa daerah misalnya, jenis jamur yang bisa dimakan sering diolah menjadi santapan lezat dan menyehatkan.

Selain kaya akan manfaat, bisnis budidaya jamur untuk konsumsi juga punya nilai ekonomis tinggi. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Prancis, Korea, Cina, dan Timur Tengah menjadi pasar ekspor yang sangat potensial.

Meski memiliki potensi bagus, sayangnya produksi jamur di Indonesia masih sangat rendah. Dikutip dari laman Direktorat Jendral Hortikultura Kementrian Pertanian, produksi jamur pada 2019 tercatat sebanyak 33.163 ton.

Lalu apa saja jenis jamur yang bisa dimakan? Berikut rangkuman pembahasannya.

Jenis Jamur yang Bisa Dimakan

Menurut buku Ensiklopedia Dunia Fungi, jamur adalah organisme heterotrof yang mendapatkan makanan dari organisme lain maupun dari organisme yang sudah mati.

Untuk mendapatkan sumber makanannya, jamur akan bertahan hidup dengan cara saprofit, parsait, dan simbiotik.

Secara biologis jamur bukan termasuk tumbuhan. Jamur atau disebut juga fungi, merupakan makhluk hidup yang tidak memiliki klorofil. Sehingga mereka tidak bisa berfotosintesis layaknya tumbuhan pada umumnya.

Walaupun bukan jenis tumbuhan, jamur merupakan bahan pangan yang lezat dan dapat diolah menjadi makanan menyehatkan. Akan tetapi, tidak semua jenis jamur aman dikonsumsi manusia.

Merujuk pada buku Panduan Lengkap Jamur, jenis jamur yang bisa dimakan disebut dengan istilah Edible Mushrooms. Beberapa di antaranya yang mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat contohnya jamur tiram serta jamur kuping.

Selain kedua jamur ini, berikut jenis jamur yang bisa dimakan dan bergizi tinggi:

1. Jamur Cremini

Jamur cremini merupakan varietas jamur kancing yang sering diolah menjadi hidangan menjadi sup atau makanan berkuah lainnya.

Dari segi tampilan, salah satu jenis jamur yang bisa dimakan ini berwarna coklat dan teksturnya kuat. Cremini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena rendah kalori dan lemak.

2. Jamur Kancing Putih

Jamur ini sangat sering dijumpai di supermarket modern hingga pasar tradisional. Sesuai namanya jamur ini berwarna putih dengan tekstur lembut jika ditumis.

Tidak hanya lezat, di jamur kancing putih tersimpan vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B5. Bahkan di dalamnya kaya akan kandungan lain seperti selenium, tembaga, kalium, dan fosfor.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...